Polbangtan Malang Wajibkan Mahasiswa Lakukan Pengecekan Bebas Plagiasi Tugas Akhir

TIMESINDONESIA, MALANG – Polbangtan Malang melakukan sosialisasi aplikasi  plagiasi  kepada mahasiswa tingkat 3 dan 4. Aplikasi yang disosialisasikan adalah unicheck.com. Sosialisasi yang digelar di Aula Sasana Giri Sabha Ir H Syamsuddin Abbas, Minggu (7/4/2019) dihadiri ratusan mahasiswa Polbangtan Malang.

Kepala Unit Teknologi dan Informasi Polbangtan Malang, Andi Warnaen mengatakan, untuk meningkatkan kualitas karya tulis mahasiswa, pihkanya mewajibkan mahasiswa melakukan pengecekan bebas plagiasi melalui aplikasi tersebut.

“Untuk meningkatkan skill menulis mahasiswa, Kami sudah berlangganan sebanyak 500 akun mahasiswa dan akun dosen, sehingga mahasiswa secara mandiri bisa melakukan pengecekan tingkat plagiasi karya tulis mereka masing-masing,” ujar Andi Warnaen.

Ia menjelaskan, sebelum sosialisasi, para mahasiswa diminta untuk mendaftarkan email kepada panitia. Kemudian aplikasi akan mengirimkan username dan password. Dipandu oleh tenaga bidang IT Ahsanun Naseh Khudori, para mahasiswa mempraktikkan langsung cara menggunakan aplikasi plagiasi tersebut.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Polbangtan Malang, Suhirmanto mengatakan bahwa Polbangtan Malang akan menambahkan syarat pendaftaran seminar hasil, yakni Surat Keterangan Bebas Plagiasi Tugas Akhir.

Surat keterangan tersebut, lanjutnya, bisa didapatkan ketika mahasiswa sudah melakukan pengecekan karya ilmiah tugas akhir mereka melalui aplikasi tersebut.

Mahasiswa dapat mengajukan surat keterangan tersebut jika dan hanya jika karya tulis ilmiah tugas akhir mereka di bawah tolerasi standard yang telah ditentukan,” ujar Suhirmanto, Kepala BAAK Polbangtan Malang(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *