| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Anggota Komisi IV DPR RI Berharap Penyuluh Pertanian Lebih Profesional

Anggota Komisi IV DPR RI Berharap Penyuluh Pertanian Lebih Profesional

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin berharap penyuluh pertanian di Indonesia lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada petani. Hal itu disampaikannya saat hadir pada pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (4/3/2021).

Pria yang akrab disapa HMS itu mengingatkan, profesionalisme penyuluh itu penting mengingat mereka adalah ujung tombak pemerintah di sektor pertanian.

Berkaitan dengan hal tersebut, HMS menuturkan, beberapa waktu lalu, ia meminta agar pembayaran honor atau gaji penyuluh pertanian di seluruh Indonesia, diserahkan kepada pemerintah pusat. Sebelumnya, urusan honor atau gaji tersebut diserahkan kepada pemerintah daerah.

Dengan pertimbangan pendapatan tiap daerah berbeda, ia meminta pemerintah pusat yang mengurusi pembayaran honor atau gaji penyuluh pertanian. HMS mengungkapka, hal itu dapat terealisasi, dan bisa dibayarkan sampai selesai kepada para penyuluh.

Selain itu, kata HMS, ia juga meminta kepada pemerintah pusat bisa meng-upgrade Tenaga Harian Lepas (THL) yang sudah lama mengabdi untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Alhamdulillah sudah beberapa sudah diangkat menjadi PNS,” kata HMS di depan para peserta bimtek bagi petani dan penyuluh pertanian di Dompu.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa perlunya upgrade atau peningkatan biaya operasional penyuluh (BOP) bagi seluruh penyuluh pertanian di Indonesia agar lebih profesional.

Pada akhirnya, HMS mengajak seluruh penyuluh bersama-sama mengabdikan diri kepada bangsa dan negara demi terwujudnya kemajuan pertanian dan kesejahteraan masyarakat.

Selain anggota Komisi IV DPR RI H Muhammad Syafrudin, hadir pula pada pembukaan bimtek bagi petani dan penyuluh pertanian, di antaranya Bupati Dompu Kader Jaelani, Wakil Direktur 3 Polbangtan Malang Novita Dewi Kristanti, dan Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Syahrul Ramadhan. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/331553/anggota-komisi-iv-dpr-ri-berharap-penyuluh-pertanian-lebih-profesional#.YEB8SpPnK-4.whatsapp

Leave a Reply