| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Anggota Komisi IV DPR RI: Petani dan Penyuluh Majukan Pertanian di Jember

Anggota Komisi IV DPR RI: Petani dan Penyuluh Majukan Pertanian di Jember

Keberadaan petani dan penyuluh menjadi bagian penting dalam memajukan dan memberi nilai tambah bagi kemajuan pertanian di Kabupaten Jember. Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI, H.Charles Meikyansah saat pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Jember, Rabu (3/3/2021).

Charles Meikyansah mengatakan, 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember merupakan wilayah pertanian yang penting dan produktif. Untuk itu, diperlukan upaya membangun pertanian agar lebih maju.

Kabupaten Jember, lanjut dia, merupakan salah satu lumbung pangan terbaik di Indonesia. Maka, untuk menjaga agar tetap produktif diperlukan konsep pertanian yang terintegrasi di Kabupaten Jember.

Bimtek-Peningkatan-Kapasitas-Petani-4.jpg

Dia mengaku, konsep pertanian terintegrasi di Jember telah dibicarakan bersama dengan Menteri Pertanian dan kepala daerah.

“Forum ini menjadi bagian untuk membahas konsep itu,” imbuhnya.

Melalui forum bimtek bagi petani dan penyuluh, diharapkan terjadi pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan, serta peningkatan kapasitas elemen penting bagi dunia pertanian.

“Berbicara tentang teknologi, alsintan, bibit yang baik, pupuk yang cukup. Itu satu satu harus dibahas dalam kesempatan ini,” ujar anggota DPR RI dari Dapil IV Jatim ini.

Di sisi lain, Charles menyebut pada sensus terakhir, terjadi penuruan jumlah rumah tangga usaha pertanian, dan semakin banyak petani gurem yang ada di Jember.

Kondisi tersebut, kata dia, perlu menjadi perhatian bersama, mengingat Jember merupakan daerah pertanian.

“Beberapa waktu lalu, saya duduk dengan beberapa pengurus HKTI Jember, dan Universitas Jember untuk bicara pertanian Jember ke depan,” ucapnya.

Kepada para peserta Bimtek, ia berharap mereka dapat menyerap materi dan informasi dari narasumber. Kemudian didiskusikan dan ditindaklanjuti menjadi program kerja bagi pertanian Jember yang lebih baik.

Hal penting lainnya, kegiatan bimtek diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan petani juga penyuluh pertanian.

Bimtek-Peningkatan-Kapasitas-Petani-2.jpg

Selain anggota Komisi IV DPR, H.Charles Meikyansah, hadir pula antara lain Plt Kepala Dinas Pertanian Jember Nana Suminarsih, pegiat Pertanian Jember H.Kamil Gunawan, serta Kepala UPPM Polbangtan Malang, Wahyu Windari.

Sebagai informasi, Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Jember ini didukung sepenuhnya oleh Polbangtan Malang sebagai perguruan tinggi di bawah BPPSDMP Kementerian Pertanian. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/331361/anggota-komisi-iv-dpr-ri-petani-dan-penyuluh-majukan-pertanian-di-jember#.YD9lHBukUHA.whatsapp

Leave a Reply