| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Aplikasikan Ilmu, Mahasiswa Polbangtan Malang Bantu Konservasi Ikan Air Tawar

Aplikasikan Ilmu, Mahasiswa Polbangtan Malang Bantu Konservasi Ikan Air Tawar

Sesuai arahan pemerintah untuk melaksanakan sosial distancing selama pandemi covid- 19 mahasiswa Polbangtan Malang juga belajar dari rumah.

Namun tak sekedar belajar mendapatkan materi dari dosen, beberapa mahasiswa memanfaatkan waktu untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat

Salah satunya Mahasiswa Polbangtan, Malang M. Wafi Rozin yang membantu konservasi ikan air tawar di Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangu, Kab. Blitar.

Di tengah pandemi covid, desa ini mendapat bantuan bibit dari Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Guntur Wahono yang dibantu berbagai pihak.

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari tebar bibit ikan ke sumber air di Blitar yang sebelumnya telah dilakukan di wilayah Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

pendistribusian-ikan.jpg

Masyarakat Desa Tawangrejo menyambut positif kegiatan tersebut. Mereka berharap jika benih ikan ini bisa tumbuh dan berkembang biak nantinya agar bisa dimanfaatkan masyarakat dalam membantu kebutuhan pangan dan ekonomi.

“Ikan tawes ini kita bebaskan ke alam, semoga ini juga jadi pertanda segera terbebasnya masyarakat dari penderitaan virus Corona yang sedang merebak,” kata Guntur Wahono seraya melepaskan 15 ribu ekor benih ikan ke sungai.

Menanggapi hal ini Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Fajar Bengawan, Mohammad Sonhaji, mengucapkan terima kasih dalam membantu pelestarian ikan air tawar yang dilakukan di ”Badher Bank”, tempat konservasi ikan air tawar sungai brantas Desa Tawangrejo, Binangun tersebut.

Mahasiswa Polbangtan, Malang M. Wafi Rozin membantu dalam pendistribusian ikan, penyiapan acara, pendokumentasian kegiatan. Ia berharap konservasi tersebut suksea seperti.

Demikian juga dengan tokoh masyarakat dan pemerintah daerah setempat, mendukung kegiatan bantuan bibit ikan ini. Mereka berharap penebaran benih ikan ini selanjutnya semakin diperbanyak agar menjadi sumber perekonomian warga sekitar.

Pada kesempatan itu, selain pelepasan benih ikan, Guntur Wahono selaku anggota DPRD Jatim juga memantau pencegahan Covid-19 di Desa Tawangrejo yang dikunjunginya saat itu, memberikan apresiasi pada pemerintah desa yang sudah menyiapkan temapat cuci tangan dibeberapa titik, penyemprotan dengan desinfektan dan adanya tempat karantina khusus bagi warga desa yang pulang dari luar kota. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/262723/aplikasikan-ilmu-mahasiswa-polbangtan-malang-bantu-konservasi-ikan-air-tawar

Leave a Reply