| Pengumuman Hasil Tes CAT dan Ujian Wawancara Polbangtan 2019   | Tingkatkan Kualitas Calon Alumni Polbangtan Malang dengan Sertifikasi Kompetensi   | Seluruh ASN di Polbangtan Malang Dites Urine -

Bangun Santri Tani Milenial, Ini yang Dilakukan Polbangtan Malang

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Strategi Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) dalam mewujudkan swasembada pangan adalah peningkatan kualitas SDM pertanian. Salah satunya upayanya dengan membangun kelompok santri tani milenial.

Menuju upaya tersebut, Polbangtan Malang bersama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lainnya di bawah Kementan RI mematangkan persiapan dalam rangka pendampingan dan pelatihan bagi santri tani milenial.

Persiapan dilakukan dengan menggelar kegiatan “Rapat Koordinasi Teknis Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial” di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (13/3/2019).

Rapat yang membahas teknis kegiatan ini diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari unsur pimpinan dan staf Polbangtan Malang, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu serta Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan.

Direktur Polbangtan Malang, Dr Bambang Sudarmanto S.Pt, MP, mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah sebagai langkah menuju akuntabilitas pelaksanaan kegiatan dimulai dengan perencanaan yang matang.

Menurut Bambang, kesamaan persepsi semua unsur dalam perencanaan kegiatan merupakan hal penting. “Agar terjadi kesamaan persepsi dan gerak langkah, apalagi kegiatan ini berkaitan dengan pihak eksternal,” lanjutnya.

Pada kesempatan litu, Kepala BBPP Batu Wasis Sarjono, S.Pt, MSi, mengungkapkan bahwa rambu pelaksanaan kegiatan perlu dikuatkan dengan petunjuk teknis yang dijabarkan dalam petunjuk lapangan, sehingga akan menjadi pedoman bagi  pelaksana di lapangan.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan dan Perlengkapan BPPSDMP Kementan RI, Drs. Rodhi, MM yang hadir sebagai narasumber dalam rapat, menyampaikan pentingnya dasar hukum dan proses yang dilalui agar dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Lebih lanjut Rodhi menjelaskan, tahapan proses kegiatan beserta bukti otentik yang diperoleh secara benar merupakan salah satu perwujudan akuntabilitas.

Ia menandaskan, santri tani milenial sebagai program nasional Kementan RI, maka ukuran kesuksesan tidak hanya pada penyelesaian pertanggungjawaban secara adminstratif. “Tetapi lebih dari itu adalah ketercapaian outcome dari kegiatan yang dilaksanakan,” ujarnya di hadapan peserta rapat koordinasi yang digelar oleh Polbangtan Malang ini.

 

Leave a Reply