| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Bangun SDM Pertanian, Polbangtan Malang Jalin Kerjasama dengan Pemkab Ngawi

Bangun SDM Pertanian, Polbangtan Malang Jalin Kerjasama dengan Pemkab Ngawi

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) bersama Pemerintah Kabupaten Ngawi (Pemkab Ngawi) bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam membangun sumber daya manusia atau SDM Pertanian. Kesepakatan tersebut tertuang dalam perjanjian kerjasama yang telah ditandangani pada 14 April 2021.

Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) tersebut dilaksanakan oleh Direktur Polbangtan Malang Dr. Setya Budhi Udrayana, S.Pt, M.Si, bersama dengan Bupati Ngawi H. Ony Anwar Harsono, ST, MH.

Bupati Ngawi berharap kepada Polbangtan Malang agar bisa bekerja sama dalam membangun sekolah vokasi bidang pertanian di Kabupaten Ngawi. “Pemerintah Kabupaten Ngawi siap memfasilitasi terwujudnya kerja sama tersebut,” ujar Onny Anwar Harsono.

Harapan tersebut disambut positif oleh Direktur Polbangtan Malang. Setya Budhi Udrayana menyatakan siap untuk bersinergi dan bekerja sama dengan Pemkab Ngawi dalam membangun sumber daya manusia (SDM) pertanian di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Dia menjelaskan maksud perjanjian kerjasama tersebut untuk mensinergikan potensi Polbangtan Malang dan Kabupaten Ngawi guna memperoleh hasil maksimal dalam pelaksanaan pembangunan pertanian. “Dan perwujudan pembangunan SDM dan pengembangan potensi dalam bidang pertanian di wilayah Kabupaten Ngawi,” ujar Uud, sapaan akrab Direktur Polbangtan Malang itu dalam keterangannya kepada TIMES Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Ia juga menjelaskan tujuan perjanjian kerja sama tersebut adalah meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta perwujudan pembangunan SDM yang unggul di bidang pertanian dengan melibatkan SDM pada Polbangtan Malang.

Lebih lanjut, Uud menguraikan ruang lingkup dari perjanjian kerja sama antara Polbangtan Malang dan Pemkab Ngawi yang meliputi: mengembangkan potensi pertanian dan peternakan melalui penelitian oleh dosen Polbangtan Malang di Kabupaten Ngawi; mengembangkan potensi pertanian dan peternakan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Ngawi; serta peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Ngawi melalui pendidikan vokasi di Polbangtan Malang.

Upaya membangun SDM tersebut sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Kementan harus terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan.

Pertanian, kata SYL, harus mandiri dan modern sehingga keluarga petani semakin sejahtera. Di samping itu, pertanian harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan.

Langkah Polbangtan Malang yang bekerja sama dengan Pemkab Ngawi merupakan wujud dari ajakan Mentan SYL yang meminta perguruan tinggi pertanian untuk terlibat langsung pada proses pembangunan SDM pertanian Indonesia dalam menghadapi tantangan global yang semakin pesat.

“Gambaran kita besok itu sebenarnya adalah kekuatan negeri dan bangsa ini ada di sektor pertanian. Kenapa demikian? Sebab kita punya sumber daya alam yang beragam. Dan tentu saja tugas kita ke depan baik bersama perguruan tinggi maupun stakeholder lainya adalah mempersiapkan sumber daya manusianya agar mampu mengolah pertanian sesuai dengan tantangan yang dihadapi,” ujar SYL.

Pembangunan SDM Pertanian bersifat urgen. Karena, menurut Kepala BPPSDMP Kementan RI, Dedi Nursyamsi berbicara pembangunan pertanian yang harus dilakukan terlebih dahulu adalam membangun sumber daya manusia-nya. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/341455/bangun-sdm-pertanian-polbangtan-malang-jalin-kerjasama-dengan-pemkab-ngawi#.YHfSX4LGOpR.whatsapp

 

Leave a Reply