| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Begini Upaya Polbangtan Malang Bangun Minat Milenial di Pertanian

Begini Upaya Polbangtan Malang Bangun Minat Milenial di Pertanian

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengkhususkan diri pada bidang pertanian, Polbangtan Malang terus berupaya menarik generasi milenial untuk menekuni dunia agraris.

Plt Direktur Polbangtan Malang, Bambang Sudarmanto menuturkan, salah satu pendekatan yang dilakukan melalui teknologi informasi atau information technology (IT) yang dapat diterapkan (aplikatif).

“Untuk bisa tertarik, harus dengan IT. Makanya kita di dalam pendidikan meski menggunakan teknologi tapi yang aplikatif. Jadi modern tapi aplikatif,” ujar Bambang yang ditemui usai kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di kampus 1 Polbangtan Malang, Senin (15/2/2021).

Bambang menambahkan, tanpa teknologi, generasi sekarang relatid tidak tertarik pada bidang pertanian.

Ia mengatakan, lulusan Polbangtan Malang lebih diarahkan pada pencipta lapangan kerja (job creator). Namun mereka tidak sekadar disiapkan menjadi pengusaha milenial, tetapi memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Ketika menjadi pengusaha, mereka bisa mengajak lingkungannya untuk mengembangkan jejaring yang lebih luas,” ujarnya.

Soal minat generasi muda pada pendidikan tinggi pertanian, Bambang mencontohkan Polbangtan Malang. Sebagai lembaga pendidikan vokasi, Polbangtan menerapkan 70 persen praktik, 30 persen teori.

Konsep tersebut, ditambah dengan pendekatan IT, terus disosialisasikan. Hasilnya, kata Bambang, peminat studi di Polbangtan Malang terus bertambah.

“Jika tahun lalu kita seribu orang pendaftar, sekarang di atas dua ribu dan yang kita butuhkan 200 sampai 250 mahasiswa. Dan itu seluruh Indonesia, 33 provinsi,” tuturnya.

Namun, Bambang mengakui tantangan ke depan terkait regenerasi pertanian tidak mudah. Saat ini, persentase petani yang berusia 40 tahun ke atas mencapai 70 persen. Sehingga perlu dipikirkan generasi yang menggantikan, didukung dengan sistem pertanian modern dan berbasis teknologi mulai produksi hingga pengolahan hasilnya.

“Tetapi tidak bisa kalau hanya dengan sistem pertanian dulu seperti nenek moyang. Tidak akan tertarik untuk itu. Kita harus siapkan teknologi,” kata Bambang Sudarmanto, Plt Direktur Polbangtan Malang. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/327867/begini-upaya-polbangtan-malang-bangun-minat-milenial-di-pertanian#.YCpMxmprF8w.whatsapp

Leave a Reply