| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Bentuk BPP Model, Polbangtan Malang Sinergikan Kostratani dan YESS di Kabupaten Tulungagung

Bentuk BPP Model, Polbangtan Malang Sinergikan Kostratani dan YESS di Kabupaten Tulungagung

Penguatan Kostratani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian) sebagai Program Kementerian dengan membentuk BPP Model disetiap Kecamatan terus digencarkan di Propinsi Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Tulungagung.

Hal ini dibuktikan oleh Tim Dosen Polbangtan Malang dengan melaksanakan pertemuan bersama 19 orang koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan 19 admin input data di lingkup Kabupaten Tulungagung, Rabu (12/8/2020). Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

BPP-Model-Kostratani-2.jpg

Ir. Suprapti M.Agr. selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung dalam sambutannya menyatakan bahwa sosialisasi diperlukan untuk mengakselerasi kinerja BPP.

Kegiatan berlangsung 2 (dua) hari, dimana kegiatan hari pertama diisi dengan pemaparan program kostratani dan tutorial aplikasi laporan utama Kostratani.

Menurut Dr. Novita Dewi Kristanti, selaku Wakil Direktur III Polbangtan Malang sekaligus sebagai koordinator tim memaparkan perlunya sinergi pelaksanaan Kostratani dengan program YESS  (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services) untuk penguatan BPP.

YESS merupakan program Kementerian Pertanian dalam pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian. Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu dari 4 (empat) kabupaten di Jawa Timur yang melaksanakan program YESS.

BPP-Model-Kostratani-3.jpg

Aplikasi laporan utama Kostratani, sebagaimana yg disampaikan oleh Sutoyo, SP.,MP., selaku tim dari Polbangtan Malang, merupakan bagian integral dari program Kostratani .

Program ini merupakan optimalisasi tugas fungsi dan peran BPP dengan memanfaatkan IT untuk mewujudkan single data pertanian dalam mendukung Ketahanan Pangan.

Kegiatan hari kedua direncanakan digunakan untuk pendampingan input data yang sudah melalui tahap verifikasi oleh tiap-tiap koordinator BPP.

Pendampingan input data, terutama untuk data komoditas strategis dilaksanakan oleh Tim Polbangtan Malang yang telah ditunjuk, setiap personil mengawal 2 sampai dengan 3 BPP yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Tulungagung, (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/290601/bentuk-bpp-model-polbangtan-malang-sinergikan-kostratani-dan-yess-di-kabupaten-tulungagung

Leave a Reply