| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Dampingi Petani, Penyuluh adalah Garda Terdepan Pertanian

Dampingi Petani, Penyuluh adalah Garda Terdepan Pertanian

Sebagai garda terdepan pembangunan pertanian, kemampuan penyuluh pertanian perlu terus ditingkatkan. Penyuluh tetap harus mendampingi petani turun ke lapangan untuk memastikan produksi pertanian tetap berlangsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat Suhadi dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertajuk Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh bertempat di Hotel Graha Taliwang, Jl. Sultan Syahrir, No. 25, Taliwang, Brang Rea, Sumbawa Barat, Senin (5/4/2021).

Suhadi menyambut dengan baik kegiatan bimtek ini dikarenakan sangat pentingnya penguatan kapasitas SDM pertanian di wilayahnya.

Kapasitasnya inilah yang paling penting untuk meningkatkan produksi karena untuk bisa bertani yang baik, mendapatkan hasil pertanian yang baik haruslah memiliki kapasitas yang mumpuni, dengan demikian seluruh system pertanian akan bisa dilaksanakan dengan baik.

Melalui bimtek ini, diharapkan petani mendapat masukan dan ilmu baru yang dapat diterapkan dalam kesehariannya. Begitu pula dengan para penyuluh, diharapkan dapat menyebarluaskan kepada penyuluh lainnya maupun petani.

“Semoga acara seperti ini dapat lebih diperbanyak, materinya sudah sesuai dengan kebutuhan para petani di wilayah Sumbawa Barat,” ujarnya.

Direktur Polbangtan Malang, Dr. Setya Budhi Udrayana dalam sambutannya mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas ini harus kita backup, kami berterima kasih sekali kepada Komisi IV DPR RI karena telah membackup kita terutama di pengembangan sumberdaya manusia.

Capaian kinerja kita terutama dimasa pandemi ini sekitar kurang lebih 15 persen lebih dan ini semua disumbang oleh sektor pertanian.

Artinya kemampuan apapun sumbangsih kita pada dunia pertanian itu adalah memberikan sesuatu kepada negara ini. Dengan demikian diharapkan peningkatan kapasitas ini mau tidak mau harus kita laksanakan, apapun itu dan dimanapun itu kita harus lakukan.

Paling tidak dengan pertemuan semacam ini semua berkumpul bersama dan satu sama lain bisa saling berbagi. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peran penyuluh sangat penting untuk pertanian.

“Penyuluh harus mendampingi petani. Agar produksi pertanian dapat tetap terjaga. Karena, pertanian harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

“Penyuluh harus memberikan kemampuan dalam memberikan pendampingan dan pengawalan di lapangan. Mereka harus memastikan produksi tetap berlangsung,” katanya.

Hadir dalam bimtek bagi petani dan penyuluh pertanian tersebut selain Direktur Polbangtan Malang, ada anggota DPR RI H. Muhammad Syafrudin, petani dan penyuluh yang berjumlah 100 orang serta para fasilitator kegiatan. (*)


Sumber :

 

Leave a Reply