| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Dekatkan Logistik Benih Tebu ke Petani, Dirjenbun Bangun Nursery di Area Kampus Polbangtan Malang

Dekatkan Logistik Benih Tebu ke Petani, Dirjenbun Bangun Nursery di Area Kampus Polbangtan Malang

Pencapaian target swasembada gula tahun 2024 terus diperjuangkan Kementerian Pertanian,melalui program Persiapan Swasembada Gula Konsumsi Nasional dengan cara revitalisasi industri gula nasional secara komprehensif.

Namun, revitalisasi pabrik gula akan percuma jika pasokan tebu sebagai bahan baku gula di bawah kapasitas pabrik. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu gudang gula nasional dengan kontribusi 45,06 %, maka sebuah pilihan tepat menjadikan Jawa Timur sebagai penopang swasembada gula nasional 2020-2023.

Kunjungan Lapang Tim Dirjen2

Langkah Kementan ini, direalisasikan melalui Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) yang secara teknis dikawal oleh BBPPTP Surabaya dengan program Nurseri Tuban dan Polbangtan Malang yang secara khusus memproduksi benih tebu asal kultur jaringan serta melakukan kerjasama dengan petani tebu rakyat untuk penjenjangnya.

Melalui kunjungan lapang, Dr. Saleh Mukhtar selaku Direktur Perbenihan Dirjenbun di Nursery Polbangtan Malang hari ini, senin (23/11). Saleh mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan bahwa infrastuktur nursery yang ada sudah cukup memadai dan sekaligus mengindentifikasi apa saja yang kedepan masih perlu difasilitasi.

Disamping itu menurut Saleh, output yang dihasilkan harus bisa memberi dampak manfaat bagi petani khususnya petani tebu, juga terkait kerjasama dengan Polbangtan Malang untuk mendukung proses pembelajaran.

Kunjungan Lapang Tim Dirjen3

“Nursery ini nanti merupakan logistik benih tebu yang akan mendekatkan ke petani di Malang dan sekitarnya,” ujar Saleh.

Sementara itu, pihak Polbangtan Malang yang diwakili oleh Hari Sudarto selaku Kasubag SDM dan Tim sekaligus sebagai anggota Tim Pengadaan Nursery menegaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan lahan tampungan benih seluas 2 hektar dan akan ditingkatkan 4 hektar sehingga total 6 hektar untuk menampung pembesaran benih sebanyak 100 ribu bibit, tepatnya di area kampus Polbangtan Malang, Bedali Lawang.

Pengembangan pembangunan nurseri yang dimulai dari Tuban dan diperkuat dengan pembangunan di Polbangtan Malang ini sebagai usaha untuk mendukung revitalisasi gula di Jawa Timur. Menurut rencana, nursery di kampus Polbangtan Malang ini dalam waktu dekat akan diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/311349/dekatkan-logistik-benih-tebu-ke-petani-dirjenbun-bangun-nursery-di-area-kampus-polbangtan-malang

Leave a Reply