| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Dikunjungi Siswa SMA Probolinggo, Polbangtan Malang Kenalkan DUDI dan PWMP

Dikunjungi Siswa SMA Probolinggo, Polbangtan Malang Kenalkan DUDI dan PWMP

Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) merupakan program unggulan dari Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) yang terus disebarluaskan kepada generasi muda, termasuk saat menerima kunjungan SMA HATI Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (9/3/2021).

Wakil Direktur I Bidang Akademik Polbangtan Malang, Dr. Ir. Abdul Farid, MP, yang didampingi Kabag Adum Polbangtan Malang, Dr. Novi Nuraini, menerima rombongan berjumlah 20 siswa dan 10 guru pendamping.

Polbangtan Malang DUDI dan PWMP 2

Menurut Abdul Farid, kunjungan para siswa pada saat ini tepat sekali karena Polbangtan Malang sedang melaksanakan penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Ia menjelaskan Polbangtan Malang yang memiliki 3 (tiga) program studi yakni: Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan dan Prodi Agribisnis Peternakan.

“Jumlah mahasiswa 951 orang berasal dari seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua,” ujar Abdul Farid.

Pendidikan di Polbangtan Malang, kata dia,  menerapkan kurikulumnya 30 persen teori dan 70 persen praktik, sehingga cocok buat mereka yang menyukai pertanian dan peternakan.

Proses pembelajaran baik teori maupun praktikum sebagian besar dilaksanakan di lapangan. Sedangkan, untuk perkuliahan praktikum sudah dilaksanakan di teaching factory (Tefa). Artinya, mahasiswa dikondisikan untuk praktik menghasilkan sesuatu dalam kondisi yang sesungguhnya.

“Misal tentang pertanian, mahasiswa setelah mengalami praktikum tersebut bisa mengetahui dengan detail tentang pertanaman demikian pula tentang peternakan,” jelasnya.

Dalam proses pembelajaran, Polbangtan Malang bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Pada saat praktikum dilakukan di kampus, kata Farid, dengan tidak menutup kemungkinan dilakukan dengan DUDI. “Misalkan dengan Petro Kimia Gresik, BISI, Caron Pok Phan, Nestle, dan lain-lain,” imbuhnya.

Polbangtan Malang DUDI dan PWMP 3

Untuk pelaksanaan perkuliahan lainnya, pada semester VI mahasiswa melaksanakan praktik magang selama 6 bulan di DUDI. Sebelum lulus, tutur Abdul Farid, ada sebagian mahasiswa direkrut oleh perusahaan tempat magang.

Menariknya lagi, ketika akan lulus, mahasiswa dibekali dengan program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian atau PWMP. Di sini, mahasiswa diminta membentuk kelompok terdiri dari 3 sampai 5 orang.

Kelompok tersebut kemudian diberi modal untuk membuat usaha. Mereka akan tetap dikawal sampai usahanya benar-benar eksis. “Ini adalah usaha-usaha yang ditempuh oleh Polbangtan Malang,” kata Abdul Farid.

Sementara itu, Wakasek SMA HATI Kraksaan Probolinggo, Nuraini Sukaningtyas, M.Pd, mengapresiasi atas pelayanan dan sambutan yang diberikan. Ia mengatakan, kunjungan ini untuk membuka wacana dan memotivasi siswa bahwa di luar Probolinggo ada perguruan tinggi, universitas dan politeknik, yang luar biasa yang bisa mengantarkan siswa menjadi orang yang luar biasa.

Usai mengunjungi, sejumlah siswa menyatakan minatnya untuk melanjutkan studi ke Polbangtan Malang. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/332764/dikunjungi-siswa-sma-probolinggo-polbangtan-malang-kenalkan-dudi-dan-pwmp#.YEd52Mj4TTQ.whatsapp

Leave a Reply