| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Direktur Polbangtan Malang: Pemuda Milenial Harus Mampu Ubah Pertanian Indonesia

Direktur Polbangtan Malang: Pemuda Milenial Harus Mampu Ubah Pertanian Indonesia

Pemuda milenial harus mampu mengubah pertanian Indonesia menjadi semakin modern dan inovatif. Hal itu disampaikan Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto SPt MP saat membuka seminar nasional “Pemberdayaan Pemuda Milenial untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan di Era Revolusi Industri 4.0” di Aula Sasana Giri Sabha Polbangtan Malang, Selasa (8/10/2019).

“Saya berharap rekan-rekan muda, mampu mengubah pertanian yang inovatif, selain modern juga aplikatif atau terapan,” ujarnya di hadapan ratusan peserta seminar yang didominasi kaum muda.

Bambang mengungkapkan, salah satu permasalahan di sektor pertanian adalah regenerasi sumber daya manusia. Ia menyebut, saat ini, sekitar 70 persen petani di Indonesia berusia di atas 48 tahun. Pertanyaannya, siapa yang akan menggantikannya?

“Saya yakin generasi milenial mau berperan (dalam sektor pertanian) apabila inovasi masuk di dalamnya,” ucapnya.

Untuk itu, berkaitan dengan tema seminar ini, lanjut dia, mahasiswa sebagai bagian dari pemuda milenial dituntut mampu mengembangkan inovasi dan teknologi untuk kemajuan pertanian Indonesia.

Dalam kesempatan itu pula, Bambang menyampaikan bahwa penyelenggaraan seminar nasional pemuda milenial tersebut merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-1 Polbangtan Malang.

“Ini dies natalis Polbangtan pertama setelah bertransformasi dari STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian),” ucapnya.

Dia menandaskan, peringatan dies natalis merupakan momentum untuk perubahan. Polbangtan Malang, kata Bambang, telah menerapkan teaching factory dalam sistem pembelajaran. “Profil lulusannya utamanya sebagai job creator selain juga job seeker,” imbuhnya.

Sebagai informasi, seminar nasional pemuda milenial dalam rangkaian Dies Natalis ke-1 Polbangtan Malang ini dihadiri para pembicara, yakni: Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, dan Habibi Garden. (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/232310/20191008/131718/direktur-polbangtan-malang-pemuda-milenial-harus-mampu-ubah-pertanian-indonesia/

Leave a Reply