| Pengumuman Hasil Tes CAT dan Ujian Wawancara Polbangtan 2019   | Tingkatkan Kualitas Calon Alumni Polbangtan Malang dengan Sertifikasi Kompetensi   | Seluruh ASN di Polbangtan Malang Dites Urine -

Focus group discussion (FGD) Pengembangan Institusi

  • 04/01/2019 - 00:00
  • Ruang Rapat Polbangtan Malang

Pengembangan kampus Polbangtan Malang dalam berbagai hal, seperti magang mahasiswa dan dosen, kuliah tamu, pengembangan kurikulum, penelitian, rekrutmen alumni, dan peluang mengadakan perjanjian kerja sama, menjadi bahasan dalam FGD.

Hadir pada diskusi terarah ini Wisman Djaja dari PISAgro (Partnership for Indonesia Sustainable  Agriculture), tim dari Pusdiktan Jakarta, dan para ketua program studi serta dosen Polbangtan Malang.

Direktur Polbangtan Malang, Dr. Bambang Sudarmanto, S.Pt, MP mengajak untuk berbagai pihak, utamanya yang berada dalam koordinasi PISAgro, bisa bekerja sama dengan Polbangtan Malang.

Wujud kerja sama bisa beragam. Bambang mencontohkan seperti kesempatan magang dosen dan mahasiswa, menghadirkan praktisi-praktisi atau pengusaha untuk memberikan kuliah umum.

“Juga yang tidak kalah penting terkait dengan sarana prasarana yang ada di perusahaan atau fasilitasi yang bisa sharing dari perusahaan dengan Polbangtan Malang,” ujarnya.

Sementara itu, Wisman Djaja menuturkan, pertemuan dengan Polbangtan Malang merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) antara PISAgro dengan Kementerian Pertanian. MoU bertujuan mempersiapkan tenaga kerja terampil, professional agar daya saing kita bisa lebih baik.

Dia mengatakan, kunci dari keberhasilan pendidikan vokasi adalah harus ada jejaring (link) antara kebutuhan dunia industri dengan dengan suplai dari dunia pendidikan.

Wisman Djaja mendukung dilakukan berbagai bentuk kerja sama yang melibatkan dosen dan mahasiswa, termasuk menghadirkan perusahaan ke Polbangtan sebagai dosen tamu atau berbagi pengalaman. Menurutnya, kerja sama tersebut bisa membentuk sinergi yang baik antara industri dengan dunia pendidikan.

“Kalau ingin dunia pendidikan efektif dan efisien kita harus demand agreement , didorong kebutuhannya apa. Itulah pentingnya MoU ini kalau tidak maka dunia pendidikan akan berjalan sendiri,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, dalam dunia pendidikan perlu link and match dan saling mengetahui, sehingga apa yang diajarkan tidak sia-sia.

“Pekerjaan apa yang dibutuhkan di masa depan, maka dunia pendidikan harus menyiapkan kurikulum dan eksposenya,” ucapnya.

Dia menyebut beberapa perusahaan yang bisa bersinggungan dengan Polbangtan Malang, seperti Sinar Mas, Indofood, Unilever, Syngenta, Tiga Putra yang bergerak di perkebunan karet dan kelapa sawit. Di samping itu, ada beberapa komunitas perusahaan yang bergerak di kopi, kakao, penggemukan sapi, peternakan sapi perah, kentang, kedelai, papaya.

“Di PISAgro ini terkumpul perusahaan – perusahaan yang bergantung pada produk pertanian dan perkebunan dan perusahaan-perusahaan yang  berpikir jangka panjang,” jelasnya dalam FGD di Polbangtan Malang(*)

EVENT INFO :

  • Start Date:04/01/2019
  • Start Time:00:00
  • End Date:17/01/2019
  • End Time:23:00
  • Number of Participants:1000
  • Location:Ruang Rapat Polbangtan Malang