| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Ini yang Dilakukan Mahasiswa Polbangtan Malang untuk Memperkaya Diri

Ini yang Dilakukan Mahasiswa Polbangtan Malang untuk Memperkaya Diri

Banyak cara dilakukan untuk memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Salah satunya dengan studi lapangan seperti yang dilakukan oleh 95 mahasiswa Polbangtan Malang di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Di BBPTUHPT Baturraden yang berada di Desa Kemutug Lor, puluhan mahasiswa semester 5 program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (PPKH) belajar berbagai hal yang mendukung studi mereka.

“Kegiatan studi lapangan ini merupakan salah satu rangkaian pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Produksi Ternak Perah,” ujar Kartika Budi Utami, SST, MP, selaku dosen pembimbing, Sabtu (14/12/2019).

Polbangtan-Malang-a.jpg

Studi lapangan di BBPTUHPT Baturraden yang berlangsung Rabu (11/12/2019) lalu itu, diisi dengan beragam kegiatan yang berorientasi pada pengayaan pengetahuan mahasiswa.

Sebagai informasi, BBPTUHPT Baturraden merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI. UPT ini menjadi pusat pembibitan bidang pemuliaan, pemeliharaan, produksi dan pemasaran bibit unggul sapi perah dan kambing perah, serta hijauan pakan ternak.

BBPTUHPT Baturraden memiliki luas lahan 241,06 hektare yang dibagi menjadi tiga lokasi, yaitu: Farm sapi perah dan kambing perah (PE dan Saanen) Limpakuwus, Farm sapi perah Tegalsari, dan Rearing unit Manggala.

Mahasiswa melihat langsung aktivitas di tiga lokasi tersebut. Dipandu oleh Eko Siswanto, S.Pt selaku koordinator pengawas bibit ternak BBPTUHPT Baturraden, mahasiswa belajar manajemen pembibitan sapi perah dan manajemen hijauan pakan di Farm Tegalsari.

“Kami (mahasiswa) juga mendapatkan pengetahuan tentang pemasaran dan juga pemuliaan ternak sapi perah pada saat pembibitan berlangsung,” tutur Muhammad Jaelani, mahasiswa peserta studi lapangan.

Mahasiswa Polbangtan Malang juga melihat kondisi gudang penyimpanan hijauan pakan ternak, yang lokasinya berdampingan dengan ladang pengembalaan sapi perah. Di sini, mereka melihat koleksi rumput dan leguminosa yang digunaan untuk pembibitan di BBPTUHPT Baturraden. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/243200/ini-yang-dilakukan-mahasiswa-polbangtan-malang-untuk-memperkaya-diri

Leave a Reply