| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Jadikan Pertanian Lapangan Kerja yang Menarik, Begini Tips Program YESS di Polbangtan Malang

Jadikan Pertanian Lapangan Kerja yang Menarik, Begini Tips Program YESS di Polbangtan Malang

Regenerasi petani yang menjadi salah satu agenda Kementerian Pertanian (Kementan) diantaranya adalah menggerakkan kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian melalui program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Ini merupakan program kerjasama dalam pengembangan SDM Pertanian yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Program YESS bertujuan untuk menciptakan regenerasi petani, yakni berkonsentrasi pada penumbuhan wirausahawan muda pertanian. Khususnya menyiapkan generasi milenial untuk siap berusaha di bidang pertanian sebagai wirausahawan yang andal, berdaya saing, berkompeten, dan profesional di masa datang dalam pemenuhan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Sejalan dengan hal tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang menggelar Temu yang bertajuk Business Motivation Pathways for Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS).

Business Motivation Pathways 2

Programe yang diikuti oleh perwakilan Dinas Pertanian dari Kabupaten Malang, Pasuruan, Tulungagung dan Pacitan, bertempat di aula Sasana Giri Sabha Polbangtan Malang, Jumat (4/12/2020).

Gelaran yang dilaksanakan secara Offline dan Online ini adalah bentuk kerjasama Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dengan Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi dalam hal ini dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dibuka oleh Dr. Novita Dewi Kristanti, SPt, MSi, selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) wilayah Jawa Timur dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab tentang berbagai kiat sukses untuk memajukan program YESS.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan validasi terhadap rancangan Jalur Motivasi Usaha (Business Motivation Pathway) yang telah dibuat oleh penyedia jasa dalam rangka mengembangkan kemampuan pemuda desa untuk berwirausaha di bidang pertanian,” ujar Novi disela kegiatan berlangsung.

Dalam kesempatan yang sama Pamudji selaku Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pacitan menyampaikan bahwa Kabupaten Pacitan sangat mendukung kegiatan YESS.

Business Motivation Pathways 3

“Ada beberapa komoditas unggulan bidang pertanian yang perlu diangkat di Pacitan, seperti Janggelan dan olahan susu,” tambahnya.

Jumlah Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) baik di Pacitan, Pasuruan, Tulungagung dan Malang telah mengalami peningkatan. Sehingga perlu segera dihasilkan jalur jalur usaha dalam rangka mendukung program YESS, Pamudji melanjutkan.

Seperti diketahui bahwa hadirnya program YESS ini adalah untuk upaya mewujudkan regenerasi petani dengan memprioritaskan pemberdayaan pemuda tani di perdesaan menjadi job creator ataupun job seeker berkualitas serta siap menghadapi era milenial.

Ke depan, petani milenial harus menjadi agent of change yang membawa perubahan positif bagi masyarakat sekelilingnya,  menjadi wirausaha berorientasi ekspor dan berguna bagi pembangunan perekonomian perdesaannya. Dengan demikian, pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan serta berdampak menurunkan angka pengangguran di pedesaan. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/315497/jadikan-pertanian-lapangan-kerja-yang-menarik-begini-tips-program-yess-di-polbangtan-malang

Leave a Reply