| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Kapusdiktan Kunjungi TEFA Pemeliharaan Unggas Pedaging di Polbangtan Malang

Kapusdiktan Kunjungi TEFA Pemeliharaan Unggas Pedaging di Polbangtan Malang

Salah satu sarana pembelajaran yang dimiliki oleh prodi agribisnis peternakan di Politeknik Pembangunan Pertanian atau Polbangtan Malang adalah kandang close house.

Bagi mahasiswa semester 1 diwajibkan melakukan praktek pemeliharaan ayam pedaging. Mereka bisa belajar bagaimana menerapkan SOP perusahaan perunggasan swasta yang bekerjasama dalam mengoperasionalkan kandang close house ini, mulai dari SOP penerapan biosecurity, pemeliharaan sampai dengan panen.

Polbangtan-Malang-3.jpg

Luky Amar Hendrawati, S.Pt., M.Sc selaku Kaprodi Agrinak menjelaskan bahwa penerapan sistem pembelajaran yang lebih dikenal dengan Teaching Factory (TEFA) ini menggunakan metode problem solving, semi block. Dimana mata kuliah praktikumnya ada di TEFA Pemeliharaan Unggas Pedaging (kandang close house) ini. Sehingga integrasi antara mata kuliah diharapkan bisa saling terkait dengan komposisi nilai praktikum 60% praktek 40% teori.

Disamping itu, dalam kunjungannya kali ini (22/2), Kapusdiktan Dr. Idha Widi Aranti, SP.,MP mengapresiasi model kandang close house prodi agrinak ini. Menurutnya pembelajaran seperti ini yang sangat diharapkan untuk pendidikan vokasi. Sehingga mahasiswa bisa terampil dan lebih kompeten dalam suatu usaha.

Polbangtan-Malang-4.jpg

“Saya berharap mahasiswa tidak hanya ditekankan melakukan praktikum dikampus, tapi juga bisa melakukan pra praktek diluar kampus, dalam pendidikan vokasi lebih banyak praktek lebih baik,” kata Kapusdiktan yang lebih akrab dipanggil bu Santi ini.

Semua pengunjung atau tamu dan petugas yang akan masuk ke kandang close house ini wajib mentaati aturan dengan memakai helm, masker, jas lab, sepatu boots dan harus disemprot disinfectan agar steril sebagai konsekuensi dari sistem bio security yang diterapkan Polbangtan Malang. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/253052/kapusdiktan-kunjungi-tefa-pemeliharaan-unggas-pedaging-di-polbangtan-malang

Leave a Reply