| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Kawal Target Tanam Oktober-Maret, Polbangtan Malang kolaborasi dengan Kostratani Jombang

Kawal Target Tanam Oktober-Maret, Polbangtan Malang kolaborasi dengan Kostratani Jombang

Program Kementerian Pertanian dimasa pandemi covid-19 yang merupakan padat karya diantaranya adalah Gerakan Olah Tanah dan Percepatan Tanam yang akan dilaksanakan pada propinsi sentra utama produksi padi. Kegiatan ini mengerahkan petani sebanyak mungkin dan petani penggarap, termasuk didalamnya adalah memberikan bantuan operasional dan bantuan tunai untuk petani, petugas pelaksana.

Polbangtan Malang sebagai salah satu UPT Kementan yang bertanggungjawab melakukan pendampingan wilayah binaan Kostratani di Jawa Timur turut melakukan upaya untuk berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang melakukan monitoring demi tercapainya target Luas tanam padi periode Oktober 2020 – Maret 2021. Kegiatan ini dilakukan di minggu ke-2 bulan November 2020 tepatnya tanggal 24 November 2020.

polbangtan

Montoring ini merupakan bentuk pendampingan yang dilakukan Polbangtan Malang sebagai pendamping Kostratani Kabupaten Jombang. Tim pendampingan yaitu melakukan cek langsung melihat kondisi lapangan yang sebenarnya, wilayah tujuan kali ini adalah Desa Karangdagangan di kecamatan Bandarkedungmulyo. Lahan seluas 30 Ha milik Poktan Karangturi terpantau 95% dalam kondisi telah tanam padi dan sisanya masih dilakukan olah tanah.

Sedangkan di Desa Kepuh Kajang kecamatan Perak lahan milik Poktan Kajangan masih melakukan panen yang diperkirakan pada akhir bulan November 2020 seluruhnya sudah selesai panen dan dilanjutkan dengan olah tanah.

Novi Nuraini, S.Si, MP selaku penanggung jawab Kostratani Kabupaten Jombang menyampaikan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan mengamankan produksi maka dalam menghadapi periode tanam Oktober 2020 – Maret 2021 perlu dilakukan langkah-langkah operasional untuk mencapai target tanam.

sawah

“Kita akan kawal target tanam Oktober 2020 – Maret 2021 di kabupaten Jombang ini dan akan kita detailkan per kecamatan per desa,” tambah Novi.

Sementara itu Ir. Ari Wibawanto, MM. Kasie Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang berharap dengan dilakukan pendampingan seperti ini diharapkan target yang telah disepakati bisa tercapai.

Pendampingan Musim Tanam Oktober 2020 – Maret 2021 ini diagendakan pada setiap minggu ke-2 dan ke-4 di bulan November 2020 dan bulan Desember 2020. pendampingan serupa juga dilakukan di 2 lainnya yaitu Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar yang juga merupakan wilayah pendampingan dari Polbangtan Malang. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/312274/kawal-target-tanam-oktobermaret-polbangtan-malang-kolaborasi-dengan-kostratani-jombang

Leave a Reply