| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Kementan RI: Monitoring dan Evaluasi Perlu untuk Optimalisasi Alsintan

Kementan RI: Monitoring dan Evaluasi Perlu untuk Optimalisasi Alsintan

Monitoring dan evaluasi perlu dilakukan agar pemanfaatan alat dan mesin pertanian (alsintan) dapat optimal bagi peningkatan produksi dan kesejahteraan petani. Hal tersebut disampaikan oleh Ami Cahyaningrum Ratnaningrum, SP, MSi dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan RI) pada rapat koordinasi optimalisasi pemanfaatan alsintan di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Selasa (19/11/2019).

“Mengingat pentingnya optimalisasi alsintan dalam hal ini secara periodik kita monitoring dan evaluasi,” ujar Ami saat membuka rakor.

Rakor optimalisasi alsintan yang juga diikuti Polbangtan Malang itu dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Lumajang, Kodim 0821 Lumajang, dan puluhan penyuluh pertanian di Kabupaten Lumajang.

Optimalisasi-Alsintan-2.jpg

Ke depan, kata Ami, kebijakan Kementerian Pertanian adalah penyelarasan data dari tingkat daerah dan pusat, sehingga memudahkan dalam pengambilan kebijakan ke depan, terutama di lingkup Kementan.

Sementara itu drh. Iman Aji Wijoyo, M.Vet dari Polbangtan Malang  menjelaskan, rakor opsin itu bertujuan untuk mengevaluasi dan sinkronisasi data-data alsintan yang beroperasi di Kabupaten Lumajang, sehingga diperoleh kesamaan data yang valid dari tingkat daerah sampai pusat.

“Data tersebut akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan serta langkah langkah yang perlu dilakukan di tahun depan,” kata dosen Polbangtan Malang ini.

Usai dibuka, rakor dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan Untuk Olah Lahan, Tanam dan Panen yang disampaikan oleh Hendrik Prayitno selaku Kepala Bidang PSP Dinas Pertanian Lumajang.

Dalam pemaparannya, Hendrik mengatakan pentingnya peningkatan optimalisasi alsintan di wilayah Kabupaten Lumajang. Karena sampai saat ini masih sangat memerlukan fungsi alsintan tersebut.

“Untuk itu kita sangat memerlukan kerja sama berbagai pihak misalnya pelatihan operator alsintan kita bisa bekerja sama dengan Polbangtan Malang dan juga kerja sama dengan berbagai tempat lain,” ujarnya. (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/239757/20191119/110333/kementan-ri-monitoring-dan-evaluasi-perlu-untuk-optimalisasi-alsintan/?utm_source=ti_mobile&utm_medium=article&utm_campaign=button_share#!-_-

Leave a Reply