| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Kementan RI Prioritaskan 7 Komoditas Strategis Perkebunan untuk Ekspor

Kementan RI Prioritaskan 7 Komoditas Strategis Perkebunan untuk Ekspor

Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) memprioritaskan tujuh komoditas strategis untuk kepentingan ekspor produk perkebunan ke luar negeri. Tujuh komoditas tersebut adalah kopi, kakao, kelapa, jambu mete, lada, vanili, dan pala.

Hal itu disampaikan Dirjen Perkebunan Kementan RI, Kasdi Subagyono saat menghadiri Peringatan Hari Perkebunan ke-62 di kampus Polbangtan Malang, Jawa Timur, Selasa (10/12/2019).

Kasdi-Subagyono-2.jpg

Kementan memposisikan tujuh komoditas tersebut untuk fokus pengembangan ekspor di bidang pertanian, terutama sektor perkebunan.

“Tujuh itu yang mau kita kerjakan dan kita cover dulu. Yang lainnya second priority,” ujarnya kepada awak media.

Kasdi menerangkan, gerakan peningkatan produksi nilai tambah dan daya saing perkebunan terus digencarkan sesuai arahan Menteri Pertanian.

Pihaknya telah mengkoordinasikan dengan insan perkebunan dalam rangka suksesi gerakan tersebut. Ia menyebut, APBN dan APBD tidak bisa diandalkan sebagai instrumen tunggal. Namun, ia berharap ada instrumen lain yang bisa diandalkan dan kerja sama untuk mencapai target ekspor.

“Tidak boleh ada yang bekerja sendiri. Seluruh instrumen bangsa termasuk subsektor perkebunan harus berkoordinasi membangun. Bahkan kementerian lembaga lain juga harus dirangkul,” ungkapnya.

Kasdi-Subagyono-3.jpg

Kementan menargetkan ekspor tiga kali lipat selama lima tahun terakhir. Gerakan tiga kali lipat ekspor pertanian ini, kata Kasdi, sesuai dengan arahan Menteri Pertanian.

“Ini adalah momentum baik untuk ajang evaluasi supaya sektor pertanian, termasuk subsektor perkebunan bisa berubah lebih cepat, cermat dan cerdas,” terang Kasdi.

Kasdi mengajak masyarakat atau petani serta pihak terkait untuk terus maju, mandiri dan modern. “Kita harus melihat ke depan untuk peningkatan pekebun kita,” tandasnya.

Kasdi Subagyono selaku Dirjen Perkebunan Kementan RI hadir di Polbangtan Malang untuk membuka Expo Perkebunan pada peringatan Hari Perkebunan ke-62 yang bertajuk Korporasi Perkebunan Rakyat untuk Kesejahteraan Pekebun. Acara tersebut digelar selama tiga hari sejak Selasa, (10/12/2019) sampai Kamis (12/12/2019). (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/242628/kementan-ri-prioritaskan-7-komoditas-strategis-perkebunan-untuk-ekspor

Leave a Reply