| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Kementan Salurkan Bantuan Pangan Untuk Rumah Tangga Petani di Jatim

Kementan Salurkan Bantuan Pangan Untuk Rumah Tangga Petani di Jatim

Masyarakat terdampak covid-19 diseluruh pelosok wilayah tanah air semakin meluas, khususnya diwilayah pedesaan yang mayoritas merupakan kalangan rumah tangga petani.

Kementerian Pertanian telah berinisiatif menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada petani dan masyarakat di Jawa Timur yang terdampak Covid19.

Kali ini melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim dan beberapa satker UPT Kementan di Jawa Timur antaralain; Polbangtan Malang, BPP Batu, BPP Ketindan, Barantan dan UPT di bawah Dirjen PKH telah menyiapkan bantuan sembako sebanyak 1100 paket.

Menurut Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, bantuan paket sembako untuk rumah tangga petani dan Tenaga Harian Lepas (THL) Pertanian.

bantuan-beras.jpg

Bantuan untuk rumah tangga petani nantinya akan disalurkan melalui Rumah Aspirasi yang ada di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan bantuan untuk THL Pertanian akan disalurkan melalui BPP dan atau Dinas Pertanian kabupaten/kota.

“Program ini diinisiasi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dimana kita ikut hadir ditengah masyarakat sebagai perwujudan bahwa pertanian peduli terhadap dampak pandemi covid-19 ini,” ujar Munifah saat mengawal persiapan proses loading sembako di BPTP Jatim, Kamis(21/5/2020).

Sebanyak 1100 paket sembako akan disalurkan ke wilayah Dapil Jatim VII, anataralain Pacitan, Ponorogo, Trenggalek dan Ngawi. Isi paket bantuan sembako terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, ½ kg bawang merah, ½ kg bawang putih dan 2 macam produk olahan/hasil peternakan.

bahan-sembako.jpg

Senada hal itu, Drs. H. Ibnu Multazam sebagai anggota DPR RI dari Dapil Jatim VII mengaku telah menerima 1100 peket sembako untuk disalurkan ke rumah tangga petani melalui rumah aspirasi di beberapa kabupaten dari Kementan di kediamannya di Perum Kertosari Estate, Desa Kertosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, Kamis (21/5/2020).

“Saya mengucapkan terima kasih atas nama anggota DPR RI di Dapil VII Jatim, bahwa bantuan sembako dari Kementerian Pertanian sejumlah 1100 paket telah kami terima dan langsung didistribusikan ke dapil setiap kabupaten,” tegas Ibnu.

Paket sembako ini, menurutnya akan distribusikan ke kabupaten Trenggalek sebanyak 300 paket, Pacitan 200 paket, Ponorogo 400 paket dan sisanya ke Kabupaten Ngawi dan seterusnya.

Anggota DPR RI ini berharap bantuan paket sembako dari Kementeraian Pertanian ini bisa meringankan warga yang terdampak covid-19 dan masyarakat bisa segera menjalani kehidupan yang normal kembali.(*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/273823/kementan-salurkan-bantuan-pangan-untuk-rumah-tangga-petani-di-jatim

Leave a Reply