| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Komisi IV DPR RI Berharap Petani dan Penyuluh Lebih Profesional

Komisi IV DPR RI Berharap Petani dan Penyuluh Lebih Profesional

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin berharap penyuluh pertanian di Indonesia lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada petani. Hal itu disampaikannya saat hadir pada pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Hotel Graha Taliwang, Jl. Sultan Syahrir, No. 25, Taliwang, Brang Rea, Sumbawa Barat, Senin (5/4/2021).

Pria yang akrab disapa HMS itu mengingatkan, profesionalisme petani dan penyuluh itu penting mengingat mereka adalah ujung tombak pemerintah di sektor pertanian.

Dengan peningkatan kapasitas petani dan penyuluh diharapkan bisa meningkatkan produksinya, karena untuk bisa bertani yang baik, mendapatkan hasil pertanian yang baik haruslah memiliki kapasitas yang baik pula, dengan demikian pertanian akan bisa lebih maju dan perekonomian akan semakin maju pula.

“Demi menunjang kemajuan petani, pemerintah telah menyediakan bantuan. Petani bisa mengajukan permohonan bantuan ke Dinas terkait. Pengajuan permohonan melingkupi ternak, bibit dan alat-alat pertanian,” tutur HMS.

Dengan bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas petani dalam berusaha tani demi peningkatan kesejahteraan serta untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas penyuluh pertanian dalam transfer teknologi kepada petani sehingga dapat bekerja secara profesional, mandiri, mampu bersaing dan berwawasan global.

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, peran penyuluh sangat penting untuk pertanian.

“Penyuluh harus mendampingi petani. Agar produksi pertanian dapat tetap terjaga. Karena, pertanian harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan RI, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

“Penyuluh pertanian harus memberikan kemampuan dalam memberikan pendampingan dan pengawalan di lapangan. Mereka harus memastikan produksi tetap berlangsung,” katanya. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/339225/komisi-iv-dpr-ri-berharap-petani-dan-penyuluh-lebih-profesional#.YGrciz0Cd3F.whatsapp

Leave a Reply