| Pengumuman Hasil Tes CAT dan Ujian Wawancara Polbangtan 2019   | Tingkatkan Kualitas Calon Alumni Polbangtan Malang dengan Sertifikasi Kompetensi   | Seluruh ASN di Polbangtan Malang Dites Urine -

Lagi, Belgian Blue Lahir di Polbangtan Malang

Lagi, Belgian Blue Lahir di Polbangtan Malang

Bima dan Kunthi, demikian nama pedet hasil inseminasi buatan menggunakan semen beku sapi Belgian Blue (BB) yang lahir di Polbangtan Malang secara berurutan pada 27 dan 29 Agustus 2019.

Bima dan Kunthi menyusul kedua ‘kakak’ mereka, Arjuna dan Kendedes yang kini berumur 5 bulan dan 2 bulan. Kunthi merupakan persilangan antara pejantan BB bernama Crocus, sedangkan Bima merupakan anak sari pejantan BB bernama Tresor.

Sapi-Belgian-Blue-2.jpg

Kepala instalasi sapi perah Polbangtan Malang, Adi Susanto, MAgr menuturkan, Bima yang memiliki bobot lahir 40 kg dilahirkan dari perut induk sapi peranakan Fries Holland yang berumur 4 tahun bernama Akira. Sedangkan Kunthi dilahirkan oleh Yura yang berumur 3 tahun dengan berat badan 35 kg.

Menurut Kepala Bagian Umum Polbangtan Malang, Dr. Setya Budhi, kelahiran 2 pedet BB tersebut melengkapi koleksi Polbangtan Malang yang memiliki program studi yang berkaitan dengan peternakan, yaitu Agribisnis Peternakan dan Penyuluhan Peternakan Kesrawan. Sekaligus sebagai dukungan UPT terhadap program Kementerian Pertanian dalam mengembangkan sapi Belgian Blue.

Pria yang akrab dipanggil Uud ini menjelaskan, selama ini telah dilakukan inseminasi terhadap 15 ekor induk sebagai akseptor yang disiapkan. Akan tetapi yang telah bunting dan melahirkan pedet sehat sebanyak 4 ekor induk.

“Saat ini tinggal menunggu 1 induk yang insha Allah akan melahirkan pada pertengahan bulan September 2019,” ujarnya, Kamis (29/8/2019).

Tenaga medik veteriner Polbangtan Malang, drh Iswati, MPt mengatakan, kelahiran kedua pedet persilangan ini lancar dan nyaris tanpa kendala. Treatment pembatasan jumlah pakan pada sepertiga masa bunting, serta perlakuan exercise total 2 bulan menjelang kelahiran memang menghasilkan pedet yang tidak terlalu besar. “Tetapi aman dan lancar dalam proses kebuntigan hingga kelahirannya,” ungkap perempuan yang sedang menyelesaikan studi doktoralnya ini. (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/227090/20190829/221833/lagi-belgian-blue-lahir-di-polbangtan-malang/

Leave a Reply