| Pengumuman Hasil Tes CAT dan Ujian Wawancara Polbangtan 2019   | Tingkatkan Kualitas Calon Alumni Polbangtan Malang dengan Sertifikasi Kompetensi   | Seluruh ASN di Polbangtan Malang Dites Urine -

Mahasiswa Polbangtan Malang Aktif dalam Wisata Pendidikan

Mahasiswa Polbangtan Malang Aktif dalam Wisata Pendidikan

Keaktifan mahasiswa Polbangtan Malang yang dibimbing oleh Darmanto SST dalam wisata pendidikan nampak saat menerima kunjungan siswa dari Pondok Qur’an Boarding School Bandung, Rabu (7/8/2019).

Sebanyak 39 orang yang terdiri dari 15 laki laki dan 24 perempuan mengunjungi Polbangtan Malang sebagai bagian dari kegiatan belajarnya di Indocita Foundation Singosari selama tiga bulan.

Darmanto menjelaskan, dalam kunjungan ini, para peserta dari Bandung diajak untuk mengenal tentang bioteknologi pertanian dan peternakan, hidroponik, biogas serta pendeteksi bahan organik.

Ia menambahkan, kunjungan juga dilakukan ke instalasi yang dimiiki Polbangtan Malang serta diberikan penjelasan tentang budidaya sapi perah, ayam dan kambing. “Juga sistem pertanian organik serta pengenalan alat dan mesin pertanian,” imbuhnya.

Dalam mendukung kegiatan wisata pendidikan ini, dikerahkan 14 mahasiswa Polbangtan Malang tingkat 2 dan 3. “Mahasiswa merasa tertantang untuk menularkan ilmu ke anak-anak muda, supaya mereka terbuka mindsetnya tentang dunia pertanian,” ujar koordinator kegiatan wisata pendidikan, Rudi Kurniawan.

Selain sebagai media untuk menerapkan ilmu teknis yang telah dipelajari, kata Rudi, mahasiswa memanfaatkan ini sebagai wahana belajar tentang bagaimana melakukan diseminasi pengetahuan terhadap orang lain.

Rudi menandaskan, hal tersebut dinilai penting karena dalam penyuluhan dituntut mampu melakukan komunikasi persuasif yang mampu mempengaruhi orang lain untuk memahami konteks materi yang disampaikan.

Salah satu perwakilan Indocita Foundation yang membawa peserta dari Pondok Qur’an Boarding School Bandung menyampaikan, kegiatan wisata pendidikan di Polbangtan Malang ini merupakan bagian dari materi untuk mendekatkan peserta pada kondisi lapangan dan langsung berdiskusi dengan pelaku. “Sehingga akan tercipta interaksi positif untuk memperdalam materi pembelajaran dengan terjun langsung ke lapangan,” ujarnya menambahkan. (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/224174/20190807/175712/mahasiswa-polbangtan-malang-aktif-dalam-wisata-pendidikan/

Leave a Reply