| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Mahasiswa Polbangtan Malang Ciptakan Aplikasi Rekording Sapi Elektronik

Mahasiswa Polbangtan Malang Ciptakan Aplikasi Rekording Sapi Elektronik

Mahasiswa Polbangtan Malang, Glorina Desviani berhasil menciptakan aplikasi perekaman (recording) bagi ternak sapi perah yang berbasis android. Aplikasi yang diberi nama Rekording Sapi Elektronik (REKS-EL) ini diciptakan untuk memudahkan para peternak untuk melakukan pencatatan ternak sapi perah.

Glorina Desviani menjelaskan, pencatatan yang dapat dilakukan aplikasi ini di antaranya profil peternak, data ternak, data reproduksi ternak, dan kesehatan ternak.

Ia menuturkan, diciptakannya aplikasi ini karena terinspirasi  dari kebiasaan peternak yang susah untuk melakukan perekaman (recording) sapi.

Oleh karena itu, Glori mempunyai ide untuk memudahkan peternak untuk melakukan pencatatan di mana saja dan kapan saja berbasis android, sehingga pencatatan ternak  dapat dilaksanakan dengan mudah serta silsilah ternak dan kondisi ternak akan mudah tertelusur.

Dalam proses penciptaan aplikasi yang merupakan karya tugas akhir ini, Glorina Desviani dibimbing oleh dua dosen Polbangtan Malang, Andi Warnaen, SST, M.I.Kom dan Kartika Budi Utami, SST, MP.

“Hasil ciptaan Glori ini sedang dalam proses pendaftaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual),” ujar Andi Warnaen, Jumat (26/7/2019).

Selain berhasil menciptakan aplikasi, Glorina Desviani berhasil lulus dan mempertahankan tugas akhirnya pada ujian komprehensif yang berlangsung hari ini.

Untuk pengembangannya, Kartika Budi Utami menyarankan REKS-EL dapat diaplikasikan untuk peternak rakyat (small scale farmer) dan untuk sapi dara.

Kartika berharap karya Glori bisa terus dikembangkan dan dapat membantu kesulitan peternak untuk melakukan recording ternak sapi perah dan mencapai efisiensi reproduksi.

“Sehingga manfaat bagi peternak tidak hanya pencatatan ternak sapi perah tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas sapi perah sebagai penyedia utama susu segar dalam negeri,” ujar Kartika mengapresiasi karya Glorina Desviani, mahasiswa Polbangtan Malang yang berhasil menciptakan aplikasi bernama Rekording Sapi Elektronik (REKS-EL). (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/222371/20190726/213228/mahasiswa-polbangtan-malang-ciptakan-aplikasi-rekording-sapi-elektronik/

Leave a Reply