| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Mahasiswa Polbangtan Malang Ikuti Sosialisasi RUU KHIT dan SBPB

Mahasiswa Polbangtan Malang Ikuti Sosialisasi RUU KHIT dan SBPB

Mahasiswa Polbangtan Malang mengikuti kegiatan sosialisasi dua Rancangan Undang-Undang (RUU), yakni RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tanaman (KHIT) dan RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan (SBPB) di Jakarta.

Lima mahasiswa Polbangtan Malang menjadi peserta sosialisasi dua RUU tersebut digelar di Auditorium gedung D kantor Kementerian Pertanian RI, Jumat (27/9/2019). Mereka datang bersama ratusan peserta dari Senat Mahasiswa/BEM fakultas pertanian se-Indonesia dan mahasiswa Polbangtan se-Indonesia.

Bagus Budiono, salah satu peserta sosialisasi menuturkan, kegiatan berlangsung dalam dua sesi: sosialisasi RUU dan SBPB, serta pengarahan dari Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman.

Ia menjelaskan, sosialisasi RUU itu dilakukan agar mahasiswa mengetahui perubahan-perubahan yang ada pada UU No 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan. Terjadinya perubahan UU itu mengacu pada perkembangan zaman dan teknologi yang ada.

Bagus menambahkan, dalam RUU KHIT menggambarkan beberapa hal yang belum dijelaskan secara rinci di UU No 16 tahun 1992.

Sedangkan mengenai RUU SBPB, menurut Bagus, menjelaskan secara

detail mengenai petani kecil dengan menitikberatkan kesejahteraan petani kecil lebih terjamin.

“(sosialisasi) Ini sekaligus untuk menyamakan persepsi terhadap perubahan undang-undang itu,” imbuh Bagus, mahasiswa semester 5 Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Polbangtan Malang.

Adanya perubahan UU tersebut dengan RUU, diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi kepentingan bangsa dan negara lebih luas. Bagus mencontohkan bahwa RUU KIHT yang baru untuk mencegah masuk, tersebar dan keluarnya organisme yang merugikan.

Di samping itu, kata Bagus, kegiatan sosialisasi RUU KHIT dan RUU SBPB tersebut untuk membagun sinergitas antara Kementerian Pertanian dengan senat mahasiswa/BEM Fakultas Pertanian, dan perwakilan organisasi kemahasiswaan Polbangtan se-Indonesia, termasuk Polbangtan Malang. (*)


Sumber : 

https://m.timesindonesia.co.id/read/230904/20190928/125951/mahasiswa-polbangtan-malang-ikuti-sosialisasi-ruu-khit-dan-sbpb/

Leave a Reply