| Pengumuman Hasil Tes CAT dan Ujian Wawancara Polbangtan 2019   | Tingkatkan Kualitas Calon Alumni Polbangtan Malang dengan Sertifikasi Kompetensi   | Seluruh ASN di Polbangtan Malang Dites Urine -

Mendukung Swasembada Gula, Polbangtan Malang Gandeng Samora

Mendukung Swasembada Gula, Polbangtan Malang Gandeng Samora

Kunjungan Head of Human Capital PT Samora Usaha Makmur, Bambang Yapri disambut baik oleh unsur pimpinan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang). Dalam pertemuan kedua lembaga itu, Senin (9/9/2019) kemarin, disepakati kerja sama dalam hal permagangan bagi mahasiswa dan rekrutmen alumni di PT Samora.

Dalam 3 tahun terakhir ini, PT Samora telah membuka lahan sekitar 4.500 hektare (Ha) yang bekerja sama dengan masyarakat di Kabupaten Dompu, NTB. Luasan itu akan terus dikembangkan untuk memasok pabrik gula yang sudah didirikan di wilayah tersebut.

Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto menyampaikan, kerja sama yang terjalin adalah salah satu bentuk dukungan untuk mewujudkan swasembada gula di Indonesia. Juga peluang kerja bagi masyarakat setempat serta alumni Polbangtan. “Terutama yang berasal dari NTB dan NTT dengan jumlah yang relatif banyak,” ujarnya, Selasa (10/9/2019).

Polbangtan-Malang-a.jpg

Ir. Budiyanto, salah satu dosen senior Polbangtan Malang menuturkan, sambil menunggu panen tebu, petani dapat melakukan pertanaman sela pada sekitar 3-4 bulan pertama usia tebu dengan kacang tanah, kedelai, cabe dan tanaman semusim lainnya, sehingga ada tambahan penghasilan bagi petani.

Ke depan, kata dia, perlu adanya kerja sama penelitian, mengingat kondisi iklim yang spesifik dan perlunya varietas tebu yang adaptif terhadap kondisi tersebut.

Pada kesempatan yang lain Direktur Polbangtan Malang menyampaikan akan segera membangun nursery aklimatisasi untuk benih induk tebu yang pengelolaannya bekerja sama dengan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya dan Balai Penelitian Pemanis dan Serat (Balitas) Malang. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/228524/20190910/153644/mendukung-swasembada-gula-polbangtan-malang-gandeng-samora/

Leave a Reply