| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

MoU Polbangtan Malang-B2P2TP Surabaya, Wujudkan Kemajuan Pertanian Indonesia

MoU Polbangtan Malang-B2P2TP Surabaya, Wujudkan Kemajuan Pertanian Indonesia

Nota Kesepahaman (MoU) antara Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) dan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya (B2P2TP Surabaya) telah ditandatangani pada Rabu (10/3/2021) siang. Keduanya juga bersepakat untuk memperluas kerja sama dalam rangka mewujudkan kemajuan pertanian Indonesia.

Dalam MoU antara Polbangtan Malang-B2P2TP Surabaya, disepakati jalinan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta optimalisasi pemanfaatan lahan.

Plt Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto, SPt, MP, menyebut, kerja sama dengan BBPPTP Surabaya berkaitan dengan pembuatan nursery pembiakan tanaman tebu.

Pembangunan tersebut bermanfaat bagi mahasiswa sebagai generasi muda dalam pengembangan keilmuan. Pun bagi dosen dan insan pertanian sebagai tempat penelitian bersama.

“Dapat digunakan sebagai tempat praktek (teaching factory) bagi mahasiswa, tempat penelitian bersama bagi para pihak,” kata Bambang kepada TIMES Indonesia, Rabu (10/3/2021) sore.

Manfaat lebih luas, lanjut Bambang, pada gilirannya juga dapat disampaikan pada petani atau masyarakat dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Sementara bagi B2P2TP Surabaya, ditujukan untuk menyukseskan target Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian dalam program Logben 5, yakni program Benih Bermutu Perkebunan 500 juta batang.

Bambang mengajak B2P2TP Surabaya untuk memanfaatkan lahan yang bisa dioptimalkan. Tentunya, kata dia, lahan tersebut secara agroekosistem sesuai dengan perkebunan tebu.

Kepala B2P2TP Surabaya, Ir Purwo Widiarto, MMA, menyambut baik kesepakatan kerja sama dengan Polbangtan Malang. Dia berharap MoU bisa terus dikawal bersama, dan sinergitas kedua lembaga dapat semakin dikembangkan demi kemajuan pertanian Indonesia. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/333003/mou-polbangtan-malangb2p2tp-surabaya-wujudkan-kemajuan-pertanian-indonesia#.YEikuOchbg0.whatsapp

Leave a Reply