| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Optimalkan Peran BPP Untuk Sinkronisasikan Data Pertanian, Polbangtan Malang Lakukan Ini

Optimalkan Peran BPP Untuk Sinkronisasikan Data Pertanian, Polbangtan Malang Lakukan Ini

Polbangtan Malang mengadakan pertemuan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri terkait dengan Program Kementerian Pertanian yakni Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian), Selasa (23/6/2020).

Dalam pertemuan yang bertempat di Dinas Pertanian ini dihadiri oleh perwakilan dari Polbangtan Malang dan juga oleh Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya, membahas rencana akan diadakannya Video Conference (vicon) antara wilayah Kostratani dibawah tanggungjawab Polbangtan Malang.

Seperti diketahui Polbangtan Malang sebagai Penanggungjawab Kostratani tiga wilayah Kabupaten yakni Blitar, Kediri dan Jombang.

Tujuan diadakannya vicon ini nantinya ada kaitannya dengan sinkronisasi data dari Dinas Pertanian di tiga wilayah tersebut dengan mengoptimalkan peran dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di kecamatan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian dan pusat pembelajaran yang kegiatannya itu akan dikoneksikan sampai ke tingkat pusat.

Anang Widodo, SP selaku Kepala Dinas Pertanian Kab. Kediri mengatakan  bahwa Kabupaten Kediri adalah salah satu penyangga beras nasional, diharapkan dengan adanya KOSTRATANI ini koordinasi dari satu dengan yang lain.

“Melalui Kostratani ini, khususnya untuk informasi yang vertikal (pusat) sampai kepada petani lebih terkoordinir dan lebih mudah sehingga info yang ada lebih cepat terupdate,” ujar Anang.

Lebih lanjut, Kadis Anang berharap dengan Kostratani, teknologi bisa lebih masuk dan lebih efisien serta koordinasi itu sendiri kedepan jauh lebih baik, antara batasan dari pusat sampai le level petani yang di bawah bisa terakses secara langsung. Sehingga dengan kecepatan koordinasi yang ada diharapkan eksekusi penanganan baik itu budidaya, Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), penanganan pemasaran akan lebih cepat tertangani. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/279484/optimalkan-peran-bpp-untuk-sinkronisasikan-data-pertanian-polbangtan-malang-lakukan-ini

Leave a Reply