| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Panen Kemerdekaan dan Gelar Kemitraan, Kostratani Jombang Diapresiasi Wabup

Panen Kemerdekaan dan Gelar Kemitraan, Kostratani Jombang Diapresiasi Wabup

Masih dalam suasana Kemerdekaan RI ke 75, di sektor pertanian pun turut bersuka cita dalam perayaannya. Para petani di Jombang Jawa Timur menggelar kegiatan panen raya.

Kegiatan yang bertajuk Panen Kemerdekaan dan Gelar Kemitraan ini digelar di Desa Kendalsari Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, Rabu (19/8/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Dandim, Direktur Polbangtan Malang selaku pendamping Kostratani wilayah Jombang yang diwakili oleh Ir. Budianto, MP., Kepala Dinas Pertanian Jombang, Camat Sumobito, BPP Kecamatan Sumobito dan kelompok tani.

Panen seluas kurang lebih 15 hektar ini merupakan lahan dari kelompok tani dari desa Kedungsari, Kuripan dan Kendalsari.

Panen-Padi-Raya2.jpg

Sumrambah, selaku Wakil Bupati Jombang menegaskan bahwa dirinya salut pada peran petani dalam memperjuangkan ketersediaan beras untuk masyarakat Jombang.

Sementara itu Budianto, mewakili Direktur Polbangtan Malang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu embrio yang luar biasa untuk pengembangan Kostratani di masa mendatang.

“Kami harap BPP Sumobito bisa menjadi teladan bagi BPP yang lain,” ujar Budianto yang juga Dosen Polbangtan Malang.

Setelah selesai panen, kegiatan dilanjutkan dengan syukuran potong tumpeng oleh Wakil Bupati Jombang dan sarasehan dengan para petani. Kegiatan ini merupakan sarana interaksi antara para petani dengan pemerintah daerah.

Hadir juga dalam kegiatan ini perwakilan dari perusahaan Petrosida Gresik dan Perusahaan Alsintan Futata sebagai mitra tani yang berkontribusi penuh dan memfasilitasi terselenggaranya panen kemerdekaan ini.

Dalam sesi gelar kemitraan, mitra tani menampung segala aspirasi dari petani yang kemudian menghadirkan beberapa solusi seperti bantuan menyediakan alat panen combine harvester besar untuk memanen lahan petani lebih cepat. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/291762/panen-kemerdekaan-dan-gelar-kemitraan-kostratani-jombang-diapresiasi-wabup

Leave a Reply