| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Pasca Transformasi, Polbangtan Malang Siap Migrasi Data

TIMESINDONESIA, MALANG – Polbangtan Malang (Politeknik Pembangunan Pertanian Malang) siap melakukan migrasi data pasca bertransformasi dari sebelumnya bernama STPP Malang (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang).

Kepala BAAK (Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) Polbangtan Malang, Dr Suhirmanto mengatakan, kesiapan memindahkan seluruh data mahasiswa dan dosen sebagai konsekuensi telah berubahnya lembaga pendidikan tinggi pertanian ini sejak bulan November 2018.

Suhirmanto menjelaskan, perubahan STPP menjadi Polbangtan berdampak pada pengakuan oleh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PPDIKTI) Kemenristekdikti RI (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia).

Dia menuturkan, kesiapan migrasi data Polbangtan Malang terungkap saat rapat pengelolaan migrasi kelembagaan pendidikan tinggi yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementan RI di Depok, 24 – 25 Januari 2019.

Suhirmanto menyampaikan, data mahasiswa yang akan dimigrasikan ke PDDIKTI terdiri dari data mata kuliah dan nilainya, termasuk mata kuliah yang akan diikuti pada semester berikutnya.

“Bahkan status mahasiswa harus terdata secara lengkap dan telah sinkron sesuai dengan daftar yang ada pada program studi saat ini,” ujarnya.

Sedangkan data dosen, terdiri profil lengkap sesuai dengan home base prodi dan terupdate.

Kepala Bidang Kelembagaan Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP, Inneke Kusumawati mengapresiasi kesiapan Polbangtan Malang bermigrasi data.

“Kesiapan Polbangtan Malang bermigrasi data ke PDDIKTI akan segera dilaporkan kepada Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Pertanian,” katanya.

Kesiapan ini, kata Inneke, sangat diperlukan untuk kemudahan bagi dosen Polbangtan Malang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Simlitabmas) secara terpusat dan online di data PDDIKTI.

Bahkan, menurut Inneke, seluruh kegiatan dosen khususnya dua penelitian dan pengabdian masyarakat, akan terkoneksi secara nasional dan dapat diakses oleh publik. Dengan demikian, mutu penyelenggaraan pendidikan di Polbangtan Malang terdeteksi sejak awal pelaksanaan.

Hal senada disampaikan Kepala Subbidang Pengolah PDDikti, David A.A. Adhieputra. Menurutnya, migrasi data mahasiswa dan dosen dari STPP ke Polbangtan, termasuk Polbangtan Malang, mutlak dilakukan. “Ibaratnya data mahasiswa dan dosen STPP akan dibuatkan rumah baru yang bernama Polbangtan,” ucanya.

Leave a Reply