| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Perbarui Statuta, Polbangtan Malang Ikuti Harmonisasi Permentan RI di Jember

Perbarui Statuta, Polbangtan Malang Ikuti Harmonisasi Permentan RI di Jember

Polbangtan Malang (Politeknik Pembangunan Pertanian) yang kini bertransformasi dari lembaga sebelumnya Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) merupakan pendidikan tinggi kedinasan Kementan RI.

Diumurnya yang masih dua tahun, Polbangtan terus berbenah diri, salah satunya dengan memperbaiki statuta yang merupakan aturan untuk mendampingi arah perjalanannya dalam melaksanakan fungsi pendidikan.

Saat ini Polbangtan seluruh Indonesia berjumlah 6 yang tersebar di Medan, Bogor, Jogja-Magelang (Yoma), Malang, Gowa, dan Manokwari memiliki aturan bersama yaitu permentan 36 tahun 2018 tentang statuta Polbangtan.

Dirasa perlu penguatan terutama perbedaan karakteristik dari masing-masing Polbangtan, maka perlu disusun kembali statuta yg bisa mengakomodir karakteristik dari masing-masing Polbangtan. Misal, Polbangtan Medan lebih menekankan perkebunan dan kopi, Polbangtan Bogor titik tekannya urban farming, Polbangtan Yoma rekayasa pangan dan biofarmaka, Polbangtan Malang peternakan dan hortikultura, Polbangtan Gowa peternakan dan kakao, Polbangtan Manokwari Perkebunan dan tanaman obat-obatan.

Hari ini, Senin (21/9/2020) di Jember, Jatim dilaksanakan harmonisasi perubahan statuta Polbangtan yang baru. Bersama tim pokja dari ditjen perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI, para ahli yang berasal dari pendidikan diantaranya Direktur Politeknik Jember, Rektor Univertas Jember, Dosen Fakultas Hukum dari Universitas Jember, Universitas Udayana Bali, UGM Jogja dan UNS Solo.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 20 – 25 September 2020, tidak hanya membahas perubahan Statuta Polbangtan, akan tetapi juga membahas peraturan untuk  Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang tujuannya memperkuat daya saing minyak sawit.

Kegiatan Harmonisasi Kementerian Pertanian yang membahas peraturan Menteri Pertanian ini sendiri telah dilaksanakan di intern Kementerian Pertanian, saat ini dilaksanakan harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Karena membahas statuta Polbangtan Malang, beberapa pihak yang hadir dalam acara Harmonisasi Peraturan Menteri Pertanian antara lain; wakil dari Pusat Pendidikan Pertanian (PUSDIKTAN) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), bagian umum BPPSDMP, Polbangtan Malang, bagian Kepegawaian BPPSDMP. (*)

 


 

 

Leave a Reply