| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Petani Didorong Manfaatkan Lahan Pekarangan sebagai Lumbung Pangan Keluarga

Petani Didorong Manfaatkan Lahan Pekarangan sebagai Lumbung Pangan Keluarga

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) bekerja sama dengan anggota Komisi IV DPR RI Ir. Endro Hermono, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani dan Penyuluh yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kantor Desa Karangsari, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, dengan tajuk Strategi Pertanian Modern Bagi Penyuluh dan Petani Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat, Kamis (1/4/2021).

Kegiatan bimtek diikuti oleh 100 orang peserta, terdiri atas penyuluh, gabungan kelompok tani (Gapoktan), dan para petani milenial. Materi yang diberikan antara lain Manajemen Kelompok Pengembangan Pemanfaatan Pekarangan.

Hadir pada acara tersebut perwakilan dari Kepala Dinas Kabupaten Tulungagung, Kepala Desa Karangsari beserta jajarannya, Komando Rayon Militer (Koramil), Polsek dan beberapa pejabat daerah.

Penyelenggaraan kegiatan Bimtek gencar dilaksanakan pada kuartal awal 2021 sebagai salah satu langkah mewujudkan misi penguatan Ketahanan Pangan Nasional ditengah pandemi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan ada beberapa solusi dalam menghadapi pandemi Covid-19 antara lain yaitu dari sisi kesehatan melalui vaksin dan dari sisi pertanian melalui penyediaan pangan.

“Pada masa pandemi, ternyata bekerja di sektor pertanian menjadi pilihan utama masyarakat. Hal tersebut harus kita dukung dan sambut baik dengan menyiapkan program-program yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dalam bidang pertanian,” ujar Syahrul.

Hal tersebut senada dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, yang menyampaikan pentingnya peningkatan SDM. “Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian,” ujar Dedi

Sementara itu Ir. Budianto, MP mewakili Direktur Polbangtan Malang mengatakan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Bapak bapak dari Komisi IV DPR RI yang telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada Kementerian Pertanian dan pembangunan pertanian khususnya di masyarakat, selain mendukung dari tingkat pusat hingga turun kebawah menjumpai para petani dan para penyuluh. Ini sangat luar biasa.

Untuk kegiatan Bimtek tentang peningkatan kapasitas penyuluh dan petani kali ini, Polbangtan Malang menyediakan beberapa instruktur memberikan materi bimtek bersama dengan Dinas Pertanian setempat. Salah satu instruktur kami nantinya akan memberikan materi tentang Pengembangan Pemanfaatan Lahan Pekarangan.

Lahan pekarangan rumah tangga dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai lumbung pangan keluarga, baik sebagai penyedia tanaman pangan sebaga sumber pangan nabati atau ternak/ikan sebaga bahan pangan hewani.

Sumber bahan pangan nabati yang dapat dikembangkan di lahan pekarangan meliputi tanaman pangan sumber karbohidrat non beras (karbohidrat alternatif) seperti jagung dan aneka umbi lokal (talas, singkong, ubi jalar, ganyong, iles-iles, dan lian-lain), sayur, buah, serta tanaman rempah dan obat (Toga).

Sumber bahan pangan hewani yang dapat dibudidayakan di lahan pekarangan adalah ternak dan ikan. Pemilihan sumber pangan atau komoditas pertanian/ternak/ikan yang dikembangkan sangat tergantung kepada luas lahan pekarangan serta saprodi dan bahan pendukung yang tersedia.

Semakin luas pekarangan semakin banyak jenis komoditas sumber pangan yang bisa dikembangkan di lahan pekarangan. Rumah dengan lahan pekarangan rumah yang sempit atau tanpa pekarangan pun dapat dilakukan budidaya tanaman, sebab berbagai metode budidaya tanaman dapat diterapkan untuk mendukung ketersediaan pangan keluarga.

Dengan demikian pemanfaatan lahan pekarangan rumah atau membangun usahatani pekarangan dengan berbagai jenis komoditas tanaman/ternak/ikan selain untuk penyediaan bahan pangan keluarga sekaligus upaya pelestarian lingkungan dan menciptakan keindahan lingkungan rumah. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/338705/petani-didorong-manfaatkan-lahan-pekarangan-sebagai-lumbung-pangan-keluarga#.YGcCRwYFV1k.whatsapp

Leave a Reply