| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Plh Bupati Sumbawa: Penyuluh adalah Ujung Tombak

Plh Bupati Sumbawa: Penyuluh adalah Ujung Tombak

Penyuluh pertanian adalah ujung tombak. Meskipun potensi pertanian begitu besar, tapi ketika sumber daya tidak mendukung akan menjadi sisa-sia. Pernyataan itu disampaikan Plh Bupati Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri.

Hasan Basri mengatakan bahwa Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu daerah penyangga pangan nasional. Dari hari ke hari, kata dia, terus terjadi peningkatan produksi pertanian.

Kunci keberhasilannya, lanjutnya, adalah mengintensifkan lahan yang ada. “Kalau tidak dilakukan secara intensif, akan sulit untuk kita menjadi penopang beras atau lumbung nasional,” kata Hasan Basri saat membuka Bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh di Sumbawa, NTB, Selasa (2/3/2021).

Upaya mengintensifkan lahan agar produktif harus didukung dengan kapasitas sumber daya pertanian yang mumpuni, salah satunya SDM penyuluh.

Bimtek, kata Hasan Basri, merupakan cara untuk meningkatkan kapasitas tersebut. Ia menegaskan, bimtek bertujuan meningkatkan komptensi, kemampuan SDM petani dan penyuluh.

“Diklat (Bimtek) ini penting agar terjadi perubahan,” ujarnya.

Plh Bupati Sumbawa berharap bekal yang didapat petani dan penyuluh dalam bimtek yang didukung oleh Polbangtan Malang ini bisa diterapkan di daerah masing-masing. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/331184/plh-bupati-sumbawa-penyuluh-adalah-ujung-tombak#.YD5JCn0xj7I.whatsapp

Leave a Reply