| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Bangun Kerjasama dengan Berbagai Stakeholder untuk Program YESS di Pacitan

Polbangtan Malang Bangun Kerjasama dengan Berbagai Stakeholder untuk Program YESS di Pacitan

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) menggelar District Multi Stakeholder Forum di Kabupaten Pacitan, Selasa (23/9/2020).

Pertemuan dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Pacitan Dr. Ir. Heru Wiwoho, SP, M.Si dan dihadiri oleh berbagai instansi dan stakeholder diantaranya National Programme Implementation Unit Youth Entrepreneurship And Employment Support System (NPMU YESS) dari Kementerian Pertanian, BAPPEDA Propinsi Jawa Timur, BAPPEDA Kabuaten Pacitan, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pemberdayaan, Dinas Sosial, SMKN Bandar, BPP, P4S, PLUT, KADIN, BLK, LSM,  Bank Rakyat Indoneisa (BRI) serta BNI.

District Multi Stakeholder2

Pertemuan tersebut diharapkan dapat terwujud kerjasama antara instansi maupun stakeholder dalam program YESS seperti yang disampaikan pada sambutan Dr. Novita Dewi Kristanti, S.Pt, M.Si sebagai Project Manager Provincial Programme Implementation Unit (PPIU) Polbangtan Malang. Hal yang menarik dalam pertemuan tersebut adalah terwujudnya  kesepakatan dari semua stakeholder yang hadir untuk me support program YESS demi terciptanya wirausahawan muda pertanian serta tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian di Kabupaten Pacitan.

Salah satu kesepakatan yang menarik adalah KADIN siap memfasilitasi forum B to B program YESS di Pacitan, memfasilitasi rumah packing house bagi para pengusaha muda pertanian. Sementara itu pihak OJK atau permodalan yaitu pihak Bank menyediakan akses permodalan dari mulai super mikro dengan cicilan tanpa bunga selama 3 bulan dengan pendampingan pembuatan laporan keuangan oleh perbankan.

Pertemuan ini sangat bermanfaat dalam menyatukan persepsi dan berbagi informasi antar stakeholder, sehingga tujuan pembangunan pertanian yaitu peningkatan pendapatan pemuda melalui pekerjaan dan kewirausahaan di sektor pertanian dapat terwujud. (*)


 

Leave a Reply