| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Bekali 100 Petani dan Penyuluh di Blitar, Ini Targetnya

Polbangtan Malang Bekali 100 Petani dan Penyuluh di Blitar, Ini Targetnya

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) mengadakan bimbingan teknis (bimtek) untuk petani dan penyuluh pertanian di Blitar, Jawa Timur.

Bimtek bertajuk Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian  diselenggarakan di Hotel Puri Perdana, Kota Blitar, Selasa (9/3/2021).

Sekitar 100 orang hadir sebagai peserta Bimtek. Mereka terdiri atas Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Wanita Tani (KWT), dan Lembaga Pengembangan Pertanian NU.

Plt Direktur Polbangtan Malang, Dr Bambang Sudarmanto mengatakan, Kabupaten Blitar memiliki sumber daya alam yang luar biasa dan masih bisa dioptimalkan utk mengembangkan usaha pertanian.

“Karena itu perlu adanya peningkatan kapasitas petani dalam mengelola usaha tani,” ujar Bambang di depan para peserta bimtek.

Ia mengatakan, diangkatnya 57 Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu (THL-TB) menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Penyuluh Pertanian, diharapkan bisa menambah kekuatan dan motivasi untuk terus bersinergi dengan para petani meningkatkan kinerja pertanian.

Menyinggung materi bimtek yakni pertanian ramah lingkungan dan integrated farming System, Bambang menyebutnya sesuai dengan kondisi dan potensi Kabupaten Blitar.

“Sangat tepat mengingat Kabupaten Blitar adalah gudangnya ternak ayam baik petelur maupun pedaging,” ujar Bambang.

Dia mengatakan, limbah ternak bisa dijadikan sebagai pupuk organik dan perlu dikelola secara baik supaya ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Bimtek bagi petani dan penyuluh pertanian di Blitar itu dihadiri di antaranya Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB Anggia Erma Rini, Plt Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto, dan dosen Polbangtan Malang Dwi Purnomo. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/332660/polbangtan-malang-bekali-100-petani-dan-penyuluh-di-blitar-ini-targetnya#.YEc1iN_h_gA.whatsapp

Leave a Reply