| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Dorong Optimalisasi Alsintan di Pasuruan

Polbangtan Malang Dorong Optimalisasi Alsintan di Pasuruan

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) mendorong petani di wilayah Pasuruan untuk mengoptimalkan pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan) dalam meningkatkan hasil produksi.

Hal tersebut yang menjadi salah satu perhatian dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Pemanfaatan Alat Mesin Pertanian (alsintan) di Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Kamis (21/11/2019).

Rakor-Polbangtan-2.jpg

Selain perwakilan dari Polbangtan Malang, rakor dihadiri  oleh perwakilan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Dinas Pertanian Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, juga puluhan mantri pertanian se-Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ir. Yetti Purwaningsih, MMA mengatakan, rakor membahas pemanfaatan alsintan yang telah dipercayakan. Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah melaksanakan percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) baik untuk padi, jagung maupun kedelai.

“Optimalisasi alsintan sangat membantu kita semua yang bekerja di seKtor pertanian,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa tenaga kerja di sektor pertanian semakin sedikit, itu pun yang ada sekarang upah kerjanya semakin tinggi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kata dia, sangat diperlukan peran alsintan untuk membantu meningkatkan hasil produksi pertanian dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Yetti menambahkan, saat ini sudah ada Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA. Jadi, bagi mereka yang belum mempunyai alsintan bisa menggunakan jasa UPJA sehingga ke depan kesejahteraan petani bisa tercapai.

Sementara itu, Rika Despita, SST, MP dari Polbangtan Malang menekankan perlunya penggunaan alsintan bagi para petani untuk kondisi saat ini. “Tinggal kita melihat apakah optimalisasi pemanfaatan alsintan ini sudah maksimal apa belum?” ucapnya.

Menurut dosen Polbangtan Malang itu, rakor alsintan di Pasuruan ini perlu dilakukan untuk mengevaluasi seluruh penggunaan alsintan. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/240334/polbangtan-malang-dorong-optimalisasi-alsintan-di-pasuruan

Leave a Reply