| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Gandeng PT. RMI untuk Pengembangan Tebu Secara Modern

Polbangtan Malang Gandeng PT. RMI untuk Pengembangan Tebu Secara Modern

Rencana pemanfaatan lahan seluas 10 ha untuk pengembangan budidaya tanaman tebu di lahan praktik Polbangtan Malang tepatnya di Desa Sumbul, Kecamatan Singosari Kab Malang melibatkan kerjasama beberapa pihak, seperti Badan litbang, Badan PPSDM Pertanian dan PT. RMI.

Hal ini menurut Dr. Idha Widi Arsanti, SP, MP selaku Kepala Pusat Pendidikan Pertanian diharapkan bisa mendukung proses pembelajaran bagi Polbangtan sebagai lembaga pendidikan vokasional dibawah Kementerian Pertanian sehingga link and match dengan Dunia usaha dan dunia industri.

Polbangtan-Malang-Tebu-2.jpg

“Kami harapkan inovasi teknologi dan varietas ada disini, sehingga bisa memacu produksi dan produktivitas lahan dan luasan perbenihan tebu yang nanti akan dibangun disini,” jelas Santi.

Turut hadir dalam kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Dirut PT. Rejoso Manis Indo, Kapuslitbangbun, Kepala BBPPTP Surabaya, Kepala BB Mektan, Direktur PEPI, Direktur Polbangtan Malang dan Syukur Iwantoro selaku Staf Ahli Mentan.

Masing-masing pihak tersebut bersepakat akan menindaklanjuti rencana ini dengan melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS), untuk mendetailkan bentuk kontribusi dan perannya dalam mewujudkan lahan 10 ha untuk budidaya tebu secara intensif dan modern ini.

Harapannya di bulan oktober nanti model kerjasama ini sudah bisa menunjukkan hasil untuk dievaluasi bersama sebagai “role model” pengembangan komoditas perkebunan khsususnya tebu secara modern dan full mekanisasi.

Polbangtan-Malang-Tebu-3.jpg

“Nantinya akan ada 2 hamparan, untuk demplot dan non demplot diatas luasan 10 ha tersebut, kita akan buktikan bersama petani terkait hasil produksi dan rendemennya termasuk hasil panen tebu milik petani sekitar akan dibeli oleh PT RMI,” tegas Agung selaku Dirut PT. RMI.

Sementara itu Dr. Bambang Sudarmanto, S.Pt., MP berjanji akan segera melakukan sosialisasi kepada petani sebagai penggarap lahan selama ini serta membuat maping lokasi untuk menentukan 10 ha lahan yang akan segera dimanfaatkan sebagai lahan praktik Polbangtan Malang. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/252886/polbangtan-malang-gandeng-pt-rmiuntuk-pengembangan-tebu-secara-modern

Leave a Reply