| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Gelar Bimtek PWMP Tahap Pengembangan

Polbangtan Malang Gelar Bimtek PWMP Tahap Pengembangan

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) menggelar pembukaan Bimbingan Teknis Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (Bimtek PMWP) tahap pengembangan. Pembukaan Bimtek yang akan dilaksanakan selama dua hari, 16 – 17 September 2019, berlangsung di kampus II Ikhwan Ridwan Rais Tanjung, Malang, Senin (16/9/2019).

Bimtek kali ini adalah tahap pengembangan dari Bimtek sebelumnya yang dilaksanakan di Kampus I Dr. Cipto, Bedali, Lawang dihadiri oleh 57 orang peserta di antaranya alumni Polbangtan tahun 2018, alumni Universitas Brawijaya Jurusan Pertanian dan Peternakan selaku perguruan tinggi mitra (PTM), SMKPP Plosoklaten Kediri, dan SMKPP Tegalampel Bondowoso.

Bimtek-PWMP-Polbangtan.jpg

Dalam sambutannya Ketua Pelaksana program PWMP Andi Warnaen, SST, M.Ikom mengatakan Bimtek kali ini mengusung sejumlah materi yaitu rencana pengembangan bisnis, pengembangan modal, jaringan pemasaran, izin usaha, dan sertifikasi produk.

“Bimtek akan menghadirkan beberapa narasumber dari praktisi pertanian dan peternakan,” ujar Andi Warnaen.

Nantinya, kata dia, para pengusaha muda yang terlibat bisa saling membangun jejaring usaha antar sesama pengusaha peserta PWMP, baik dari PTM maupun Polbangtan Malang sehingga bisa mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi.

Pasca bimtek ini, kKe depan akan dilaksanakan Focus Group Discussion(FGD) membahas permasalahan yang ada dan dihadapi peserta, didampingi pembimbing, sehingga dalam pengembangan usahanya bisa lebih berkembang.

Wakil Direktur I Dr. Ir. Abdul Farid, MP mewakili Direktur Polbangtan Malang membuka Bimtek Pengembangan PWMP. Ia mengatakan, dalam memulai bisnis yang pertama diperhatikan adalah bahan baku. “Bahan bakunya seperti apa, melimpah apa tidak, sulit apa tidak, berangkat dari sana maka kita berpikir akan mengambil usaha apa,” ujarnya dalam sambutan pembukaan.

Berikutnya adalah pasar. Masalah pasar tidak hanya terbatas pada lingkungan tinggal. Jadi,  Kata dia, harus mempunyai proyeksi ke depan apakah usahanya bisa dikembangkan.

Ia menandaskan, pertemuan pengembangan PWMP ini untuk saling bertukar pikiran. Peserta dari berbagai tempat bisa saling bertukar pikiran dan pendapat sehingga, jejaring bisnis akan bisa terwujud.

“Kami pembimbing dan dosen akan terus mendukung agar semua usaha anda sekalian semakin berkembang,” ujar Abdul Farid.

Dia mengatakan, dalam konsep muslim ada satu ayat yang menyatakan bahwa tidaklah akan berubah kaum itu jika kaum itu tidak akan berusaha sendiri, untuk itu, lanjutnya, bila ditarik ke diri kita sendiri, maka tidak akan berubah kalau tidak kita sendiri yang merubahnya.

Dengan demikian, Bimtek PMWP tahap pengembangan yang digelar Polbangtan Malang ini merupakan salah satu wahana untuk bisa memotivasi kembali dalam mengembangkan bisnisnya. “Diharapkan nantinya pelaku usaha dalam PWMP ini semakin lama semakin berkembang dengan baik,” ujarnya menambahkan. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/229274/20190916/124237/polbangtan-malang-gelar-bimtek-pwmp-tahap-pengembangan/

Leave a Reply