| Pengumuman Hasil Tes CAT dan Ujian Wawancara Polbangtan 2019   | Tingkatkan Kualitas Calon Alumni Polbangtan Malang dengan Sertifikasi Kompetensi   | Seluruh ASN di Polbangtan Malang Dites Urine -

Polbangtan Malang Lakukan Apel Sepeda Motor

Polbangtan Malang Lakukan Apel Sepeda Motor

Tidak kurang dari 300 sepeda motor berbagai jenis dan merek milik mahasiswa Polbangtan Malang dikumpulkan di lapangan upacara, Sabtu (7/9/2019). Kegiatan apel sepeda motor ini dilakukan guna pengecekan kelengkapan kendaraan seperti STNK, spion, plat nomor, dan knalpot motor.

Pengecekan kelengkapan ini dilakukan petugas dari Satlantas Polres Malang, Iptu Mashuri ditemani Aiptu David. Selain melakukan pengecekan kondisi beberapa sepeda motor milik mahasiswa, mereka juga menempelkan stiker parkir kendaraan bermotor di lingkungan Polbangtan Malang.

Iptu Mashuri yang menjabat Kanit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Polres Malang  mengatakan, tujuan apel sepeda motor di Polbangtan Malang ini adalah mengajak para mahasiswa berkendara dengan nyaman atau safety ridding.

Dia juga menyebut ada empat hal penting yang dapat mempengaruhi kecelakaan, yaitu orang atau pengemudi, kendaraan yang dipakai, kondisi jalan, dan kondisi alam. Jika kondisi jalan dan kondisi alam dalam kondisi normal, kata dia, maka unsur penyebab kecelakaan adalah orang atau pengemudinya dan kondisi kendaraan.

Maka dari itu, lanjutnya, agar berkendara dengan nyaman atau safety ridding, yang terpenting adalah kondisi pengemudi atau orangnya dan kondisi kendaraannya. “Apakah kendaraan yang dikendarai layak dipakai,” ujar Mashuri.

Oleh karena itu, Mashuri mengimbau kepada seluruh mahasiswa Polbangtan Malang, saat berkendara sepeda motor di jalanan agar mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Karena, menurut dia, jalan raya dari dulu jumlahnya relatif tetap, namun pengendara khususnya sepeda motor naik signifikan.

Sementara itu, koordinator apel sepeda motor, Suhirmanto mengatakan, kegiatan seperti ini akan rutin dilaksanakan menjelang perkuliahan semester ganjil, karena mahasiswa akan memasuki tahun ajaran baru setelah libur cukup panjang.

Ia mengungkapkan, pada saat kembali ke kampus, beberapa mahasiswa membawa sepeda motor dengan alasan untuk kebutuhan transportasi kegiatan praktik lapang dan sebagainya.

“Sebenarnya kami sudah mengimbau agar mahasiswa tidak membawa sepeda motor ke kampus akan tetapi masih saja banyak yang membawa untuk alasan memudahkan mobilitas mereka,” ujar Suhirmanto yang kini menjabat Kepala BAAK Polbangtan Malang.

Sehingga, lanjutnya, pihak kampus membuat aturan bagi mereka yang membawa sepeda motor harus mengikuti aturan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh undang undang lalu lintas.

Suhirmanto menambahkan, selain mengajak safety riding, apel sepeda motor ini untuk membangun kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa Polbangtan Malang terhadap kehidupan kampus. (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/228236/20190907/160802/polbangtan-malang-lakukan-apel-sepeda-motor/

Leave a Reply