| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Lakukan Pendampingan Kejar Target LTT di Jombang

Polbangtan Malang Lakukan Pendampingan Kejar Target LTT di Jombang

Politeknik Pembangunan Pertanian atau Polbangtan Malang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan pendampingan wilayah binaan Kostratani di Jawa Timur.

Dalam hal ini Polbangtan Malang melakukan upaya untuk berkoordinasi dengan Dinas Pertanian setempat. Salah satu wilayah binaannya yakni Kabupaten Jombang, Polbangtan melakukan monitoring dan evaluasi demi tercapainya target Luas Tambah Tanam (LTT) padi periode Oktober 2020 – Maret 2021. Kegiatan kali ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 9 Desember 2020.

Didampingi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Polbangtan melakukan monitoring di beberapa Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) diantaranya daerah Diwek, Ploso, Megaluh dan Tembelang dengan cara melaksanakan pengecekan langsung kondisi lapangan yang sebenarnya.

Ir. Ari Wibawanto, MM. selaku Kasie Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Jombang optimis bahwa target tanam di Kabupaten Jombang untuk komoditas padi akan tercapai di akhir Januari 2021.

“Dengan kondisi saat ini kami yakin kedepan Kabupaten Jombang dengan 21 BPPnya akan mencapai target tanam padi di akhir Januari 2021 nanti,” ujarnya.

Sementara itu Sinah selaku kordinator BPP Megaluh menambahkan saat ini di Kecamatan Megaluh hampir 80% sudah tanam dan sebagian sudah mulai olah tanah. “Sehingga diharapkan awal sampai dengan pertengahan Januari 2021 sudah tutup tanam,” ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa program Kementan dimasa pandemi covid-19 yang merupakan padat karya diantaranya adalah Gerakan Olah Tanah dan Percepatan Tanam yang akan dilaksanakan pada propinsi sentra utama produksi padi. Kegiatan ini mengerahkan petani sebanyak mungkin dan petani penggarap, termasuk didalamnya adalah memberikan bantuan operasional dan bantuan tunai untuk petani, petugas pelaksana.

Pendampingan Musim Tanam Oktober 2020 – Maret 2021 atau disingkat OKMAR yang dilaksanakan oleh Polbangtan Malang ini diagendakan pada minggu ke-2 dan ke-4 di bulan Desember 2020. Pendampingan serupa juga dilakukan di 2 wilayah lainnya yakni Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar. (*)


Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/315062/polbangtan-malang-lakukan-pendampingan-kejar-target-ltt-di-jombang

Leave a Reply