| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Musnahkan Ribuan Arsip, Ada Apa?

Polbangtan Malang Musnahkan Ribuan Arsip, Ada Apa?

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) memusnahkan ribuan arsip. Arsip tersebut dimusnahkan karena sudah habis jangka waktu penyimpanan atau retensi.

Ada 650 daftar arsip yang terdiri atas 3.474 berkas administrasi umum dan administrasi pendidikan tahun 1962 sampai dengan 2017 yang dimusnahkan.

Pemusnahan arsip yang dimulai pada Rabu (17/3/2021) kemarin, dilakukan dengan cara pencacahan di hadapan panitia dan saksi-saksi.

polbangtan b

Direktur Polbangtan Malang, Dr. Bambang Sudarmanto menjelask, kegiatan pemusnahan ini merupakan salah satu dari empat pilar yang menunjang pembinaan arsip yang terdiri atas tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip hingga sistem klasifikasi keamanan akses arsip.

Bambang memberikan apresiasi yang baik atas terselenggaranya kegiatan pemusnahan arsip. “Mengingat volume arsip di Polbangtan Malang sebagai lembaga pendidikan tinggi setiap tahunnya yang tercipta cukup banyak,” ujar Direktur Polbangtan Malang kepada TIMES Indonesia, Kamis (18/3/2021).

Sementara itu, Arsiparis Biro Umum dan Pengadaan Kementan RI, Bagus Pancaputra mengatakan, pemusnahan arsip sudah menjadi kebutuhan setiap lembaga karena sudah ada UU Kearsipan yang mengatur mekanisme pemusnahan arsip.

Sejatinya, kata dia, pemusnahan arsip tidak hanya menghilangkan, tetapi dengan cara tersebut maka arsip lainnya bisa terselamatkan sehingga berguna bagi efisiensi dan efektivitas ruangan penyimpanan arsip.

“Melalui pemusnahan arsip diharapkan tercipta efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan arsip,” ujarnya.

Aksi pemusnahan arsip itu disaksikan oleh sejumlah pejabat di lingkungan Polbangtan Malang serta empat orang saksi yang juga membina kearsipan di kampus pendidikan tinggi vokasi ini.

Kegiatan pemusnahan arsip telah dilakukan Polbangtan Malang sejak tahun 2019. Tercatat sudah ada 3.142 berkas yang sudah dimusnahkan. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/334849/polbangtan-malang-musnahkan-ribuan-arsip-ada-apa#.YFNE87cDDCc.whatsapp

Leave a Reply