| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Siap Dukung Pemuda Jatim Kembangkan Pertanian

Polbangtan Malang Siap Dukung Pemuda Jatim Kembangkan Pertanian

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) mendukung para pemuda di Jawa Timur yang ingin berusaha di bidang pertanian. Kesiapan dukungan itu disampaikan Wakil Direktur I Polbangtan Malang Dr Ir Abdul Farid, MP pada District Multi Stakeholder Forum di Pendopo Kabupaten Malang, Kamis (25/3/2021).

Abdul Farid menjelaskan, berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan oleh tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2020, 55 persen pemuda di Jawa Timur ternyata berusaha.

“Dari 55 persen tersebut sebagian besar ingin berusaha di bidang pertanian dan peternakan,” kata Farid di hadapan puluhan peserta forum yang diselenggarakan bersama Bappeda Kabupaten Malang.

Menurut Farid, keinginan para pemuda itu harus didukung agar bisa eksis dalam usahanya. Salah satunya melalui program YESS yang bisa mengantarkan pemuda untuk berusaha.

“Paling tidak kita ikut membantu dalam penyediaan pekerjaan bagi pemuda-pemuda kita,” ujarnya.

Polbangtan-2.jpg

Lebih lanjut ia menjelaskan, Program YESS digagas Kementerian Pertanian (Kementan RI) bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD). Keduanya sepakat untuk melaksanakan pengembangan kewirausahaan bagi pemuda di kota maupun pedesaan melalui Program YESS.

Program YESS, lanjut dia, dikaitkan untuk membangun kewirausahaan dan ketenaga kerjaan di sektor pertanian dengan meningkatkan peran para pemuda di pedesaan.

Farid menambahkan, Program YESS akan berjalan selama 5 tahun.

Ia juga menjelaskan, forum para pemangku kepentingan yang digelar bersama Bappeda Kabupaten Malang untuk memberikan pedoman terhadap implementasi Program YESS. Di samping juga untuk tukar menukar informasi keberhasilan serta tantangan dalam mengembangkan kegiatan ekonomi produktif untuk generasi muda.

Selain itu, juga mengembangkan sinergi untuk mempromosikan tujuan Program YESS. Membahas, merumuskan efektivitas pelaksanaan program YESS. “Terutama berkaitan dengan fasilitas pemuda pedesaan,” imbuh Wadir I Polbangtan Malang, Abdul Farid yang didampingi oleh Ir. Budianto, MP dan Kartika Budi Utami, SST, MP, dan Hana Nur Eritrina, SE, MSA. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/336487/polbangtan-malang-siap-dukung-pemuda-jatim-kembangkan-pertanian#.YFxUP49FCww.whatsapp

Leave a Reply