| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Polbangtan Malang Terjunkan Mahasiswa Dampingi Petani Lakukan Percepatan Tanam di Jatim

Polbangtan Malang Terjunkan Mahasiswa Dampingi Petani Lakukan Percepatan Tanam di Jatim

Musim kemarau yang diprediksi BMKG akan masuk awal musim kemarau di bulan Juni 2020 dan kemungkinan kemarau yang diprediksikan pada akhir tahun 2020 disikapi oleh Kementerian Pertanian dengan menggerakkan seluruh Unit Pelaksana Teknis/UPT termasuk Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melakukan Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Tanam Padi.

Disamping banyak lahan yang tadah hujan, juga banyak lahan tanam pada saat musim kemarau sulit mendapatkan air irigasi, termasuk lahan persawahan yang di tanami padi.

Sementara itu kebutuhan pangan pada masa kemarau tetap, meski produksi diprediksi berkurang akibat kekeringan. Maka, pilihan solusi melakukan percepatan tanam menjadi keniscayaan, sehingga Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa timur, Ir Hadi Sulistyo, M.Si mengajak semua elemen untuk menyegerakan kegiatan tanam padi melalui BPP di kecamatan masing masing.

Percepatan-Tanam-Padi-2.jpg

“Provinsi Jawa timur merupakan provinsi yang surplus dalam hal stok beras hingga bisa mencukupi kebutuhan beras di provinsi lain, maka dari itu kemarau ini kita harus menjaga agar tetap surplus,” ujar Hadi.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Kostratani Kecamatan Sine atau di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sine, Kabupaten Ngawi ini menjadi salah satu prioritas Distanprov Jatim dalam mewujudkan program percepatan tanam. Maka bersamaan dengan hal itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur bersama PPL/Penyuluh Pertanian dan Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang bersinergi melakukan pendampingan percepatan tanam padi.

Menurut Elfani, salah satu mahasiswa dari Polbangtan Malang yang terlibat langsung di kegiatan tersebut, ada sejumlah 15 orang yang diterjunkan untuk membantu petani di wilayah binaan Kostratani Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, meski dimasa pandemi covid-19 pertanian tidak boleh berhenti.

Percepatan-Tanam-Padi-3.jpg

Selain PPL dan mahasiswa, kegiatan percepatan tanam ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Camat Sine, Danramil  Sine, dan  Kapolsek Sine yang di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur di Desa Kuniran, Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, Kamis (11/6/2020).

Kadistanprov Jatim, Ir. Hadi Sulistyo, M.Si diakhir kegiatan menyampaikan pesan bahwa pada musim ini merupakan kemarau basah, jadi akan banyak hama penyakit bermunculan. Sehingga petani harus segera lakukan pencegahan dan penanggulangannya jika diketahui ada yang sudah mulai terdampak. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/277050/polbangtan-malang-terjunkan-mahasiswa-dampingi-petani-lakukan-percepatan-tanam-di-jatim

Leave a Reply