| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Sapi Peranakan Belgian Blue Polbangtan Malang, Positif Bunting di Masa Social Distancing

Sapi Peranakan Belgian Blue Polbangtan Malang, Positif Bunting di Masa Social Distancing

Kegiatan pemeriksaan kebuntingan Sapi Peranakan Belgian Blue dimasa social distancing dalam upaya mencegah penyebaran covid-19, tetap dilakukan oleh petugas dan tim Belgian Blue Polbangtan Malang.

Mereka tetap bekerja, melakukan proses pemeriksaan kebuntingan (15/4). Kali ini langsung mengundang pakar reproduksi Dr. Setya Budhi Udrayana yang hasilnya dinyatakan ‘’positif’.

polbangtanb.jpg

Menurut Johan, salah satu petugas (Inseminator) Polbangtan Malang bahwa Sapi Peranakan Belgian Blue yang sedang bunting ini diberi nama Ken dedes ini, lahir 31 Maret 2019 dengan bobot 360 kg, panjang badan 148cm, tinggi pundak 118cm dan lingkar dada 170 cm.

‘’Pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) tgl 15 February 2020,  strow berasal dari Sapi Belgian Blue Gatot kaca yang diperoleh dari Balain Inseminasi Buatan (BIB) Singosari,” ujar Johan.

polbangtanc.jpg

Sementara rekomendasi dari Dr. Setya Budhi Udrayana selaku pakar reproduksi ternak ruminansia besar menyatakan bahwa yang perlu diperhatikan adalah manajemen pakan  dan pemeliharaan Sapi Belgian Blue saat bunting.

‘’Sapi ini harus ditreatment sebaik mungkin, karena sapi Belgian blue termasuk jenis unggul dengan perototan double muscle. Sehigga nantinya diharapkan sapi yang bunting ini akan lahir secara normal tanpa melalui proses cesar,” tegas Uud, sapaan akrabnya.

Rekomendasi treatment ini setidaknya bisa segera diterapkan oleh petugas dan tim Belgian Blue Polbangtan Malang agar bisa memperoleh presentase kebuntingan yang baik.(*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/265407/-sapi-peranakan-belgian-blue-polbangtan-malang-positif-bunting-di-masa-social-distancing

Leave a Reply