| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Selamat, Polbangtan Malang Terpilih Jadi Tuan Rumah Muswil IV ISMPI

Selamat, Polbangtan Malang Terpilih Jadi Tuan Rumah Muswil IV ISMPI

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan Malang) ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Wilayah IV Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia atau Muswil IV ISMPI.

Acara musyawarah wilayah atau muswil ini berlangsung selama dua hari mulai Jumat – Sabtu (8-9/11/2019). Acara ini salah satunya untuk memilih koordinator wilayah IV yang meliputi Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB.

Semnas-Polbangtan-3.jpg

Sekjend Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) Hasbi Abdullah mengatakan, Musyawarah Wilayah ini memilih Polbangtan Malang sebagai tuan rumah. Di kampus ini menjadi tempat berkumpulnya perwakilan setiap kampus yang tergabung di ISMPI Wilayah IV.

“Disini kami membuat sejarah untuk bagaimana langkah yang akan kita kerjakan ke depannya. Inilah perubahan yang harus kita bangun di Wilayah IV,” ujar mahasiswa asal Sukabumi itu.

Dia juga menjelaskan gambaran pentingnya dunia pertanian, terutama di era digital ini. Mahasiswa pertanian memang didorong untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menggerakkan sektor pertanian dengan memanfaatkan peluang besar di era digital.

“Kita punya satu gambaran yang sama tentang pertanian. Petani digital bicara tentang networking aja sih. Kita satu-kesatuan dalam kepentingan pengembangan pertanian di negara ini,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti soal harga cabai yang cenderung tidak stabil. Naik dan turunnya sangat drastis. Sebab itu, peran mahasiswa juga diperlukan untuk ambil andil dalam persoalan pertanian.

“Mahasiswa sangat antusias menjadi petani. Memang kita mendorong langsung temen-temen di sektor itu. Petani tidak hanya soal tanaman pangan, tapi ada juga perkebunan, perikanan, peternakan dan holtikultura,” bebernya.

Sebagai pembukaan, acara ini diawali dengan Seminar Nasional yang mengundang tiga narasumber. Mereka adalah Founder Paktani Digital Mahendra Tlapta Sitepu, Ketua Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Jawa Timur Yoyok Budi Santoso dan Owner Cafe Sawah Ilham Husain.

Semnas-Polbangtan-2.jpg

Ketua pelaksana Muhammad Eko Aditya Adi Ruswanto melaporkan, acara yang digelar ini untuk mengajak mahasiswa dan kaum milenial untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas di bidang pertanian.

“Pemuda adalah kunci pembangunan bangsa. Pemuda tidak hanya urun angan tapi juga turun tangan. Pemuda tidak hanya punya gagasan tapi harus bisa membangkitkan perubahan,” tegas dia.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Direktur I Polbangtan Malang Dr. Ir. Abdul Farid, MP. Dia menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian telah menyiapkan regenerasi petani. Tentu petani-petani muda yang progresif.

Generasi muda milenial berkenaan dengan penggunaan teknologi informasi berbasis digital ini dapat diarahkan untuk bisa mencermati. Pertama mungkin meniru langkah-langkah yang pernah dilakukan oleh pembicara yang hadir ini.

“Polbangtan Malang memang prinsipnya menciptakan lapangan kerja yang mandiri dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami tidak menutup mata dengan seluruh kinerja dan inisiatif para pemuda yang bergerak inovatif di bidang pertanian,” kata Abdul Farid.

Muswil IV ISMPI di Polbangtan Malang ini diikuti sekitar 8 kampus yang meliputi dari Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB. Mereka bermusyawarah dan bermufakat untuk kebaikan dan kelanjutan estafet kepemimpinan. Salah satu agendanya adalah memilih Koordinator Wilayah IV ISMPI. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/238472/20191108/163318/selamat-polbangtan-malang-terpilih-jadi-tuan-rumah-muswil-iv-ismpi/

Leave a Reply