| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Siapkan Kostratani, BPPSDMP Bekali Mahasiswa Polbangtan Malang

Siapkan Kostratani, BPPSDMP Bekali Mahasiswa Polbangtan Malang

Pembekalan pendampingan program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) bagi mahasiswa digelar oleh Polbangtan Malang di Sasana Giri Shaba Ir. H. Syamsuddin Abbas Polbangtan Malang, Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian) Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si. selaku penanggungjawab Kostratani Provinsi Jawa Timur.

Menjawab program Kostratani yang diluncurkan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Siti Munifah menunjuk Polbangtan Malang untuk mengerahkan mahasiswanya dalam melakukan pendampingan program tersebut.

Munifah menyampaikan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa membangun pertanian tidak bisa dilakukan sendiri oleh tim Kementerian Pertanian saja, tetapi oleh seluruh anak negeri termasuk masyarakat.

Dr-Ir-Siti-Munifah-MSi-b.jpg

Dalam pembangunan pertanian di daerah, lanjutnya, masyarakat akan didampingi oleh penyuluh pertanian. “Penyuluh (pertanian) rumahnya adalah Balai Penyuluhan Pertanian,” kata Munifah.

Selanjutnya, Balai Penyuluhan Pertanian harus menerapkan fungsinya dalam bentuk gerakan Kostratani. Dalam hal ini, laporan berupa data pembangunan pertanian akan masuk ke pusat tanpa harus ada selisih atau berbeda data dengan institusi terkait seperti BPS, ATR/BPN, Bulog, dan lainnya.

Selain itu, kata Munifah, memberikan informasi kepada petani itu bisa langsung dari pusat melalui Kostratani dan bisa segera disampaikan ke petani. “Bisa dilakukan perbaikan-perbaikan dalam proses pembangunan pertanian atau inovasi-inovasi baru yang diterapkan,” paparnya.

Ke depan, ia berharap dengan Kostratani dapat menggerakkan seluruh komponen anak negeri, dan pembangunan pertanian bisa berjalan tanpa ada ego sektoral.

Dalam kegiatan pendampingan program Kostratani di wilayah Jawa Timur, kurang lebih 600 mahasiswa Polbangtan Malang dikerahkan untuk melakukan pendampingan di tiga kabupaten yakni Kabupaten Jombang, Lamongan, dan Madiun.(*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/241398/siapkan-kostratani-bppsdmp-bekali-mahasiswa-polbangtan-malang

Leave a Reply