| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Siapkan SDM Unggul, Polbangtan Malang Bekali Petani dan Penyuluh Pertanian di Dompu

Siapkan SDM Unggul, Polbangtan Malang Bekali Petani dan Penyuluh Pertanian di Dompu

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang sejalan dengan visi misi Presiden RI Jokowi. Salah satu upayanya dengan membekali petani dan penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakil Direktur III Polbangtan Malang, Dr. Novita Dewi Kristanti, S.Pt.,M.Si mengatakan, petani dan penyuluh merupakan komponen yang harus disiapkan menjadi SDM unggul. Mengingat sektor pertanian merupakan ujung tombak ketahanan pangan nasional.

Novita menyebut, di era pandemi sektor pertanian bertumbuh positif. Pertanian, kata dia, merupakan tonggak utama dalam meningkatkan ketahanan pangan, mengentaskan kemiskinan, dan bagian dari pengembangan pembangunan perekonomian di Indonesia.

Sebagai tonggak utama, SDM pertanian yang unggul merupakan salah satu kunci keberhasilan meningkatkan produktivitas. Dalam konteks tersebut, petani dan penyuluh adalah lokomotif keberhasilan pembangunan pertanian nasional.

“Selama kita masih makan beras, selama kita masih membutuhkan pangan, maka pertanian tidak akan pernah pudar,” ucap Novita di depan para peserta Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Dompu, Kamis (4/3/2021).

Oleh karena itu, lanjut Novita, dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian diperlukan peningkatan kapasitas berupa pendidikan dan pelatihan.

Ia menjelaskan, Polbangtan Malang sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kementerian Pertanian (Kementan RI) memiliki tugas untuk meningkatkan kapasitas baik petani maupun penyuluh. Hal itu merupakan visi utama Kementan RI yang didukung oleh Komisi IV DPR RI.

“Kita berterima kasih kepada DPR RI yang memberikan ukungan bagaimana meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia,” ujar Novita.

Melalui bimtek peningkatkan kapasitas, petani dan penyuluh bisa semakin inovatif, kreatif, dan berdaya saing, sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian secara luas.

“Pertanian itu luas, ada pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Novita juga menginformasikan kepada para petani dan penyuluh tentang penerimaan mahasiswa baru di Polbangtan Malang yang dimulai pada hari ini. Ia berharap keluarga petani dan penyuluh menggunakan kesempatan tersebut untuk bersama-sama membangun pertanian di Indonesia.

“Bersama alumni Polbangtan Malang di Dompu, mari kita sama-sama membangun Nusa Tenggara Barat, membangun ketahanan pangan di Indonesia,” ujar Novita pada pembukaan  Bimtek Peningkatan Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Dompu. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/331541/siapkan-sdm-unggul-polbangtan-malang-bekali-petani-dan-penyuluh-pertanian-di-dompu#.YEB8IT1vwmQ.whatsapp

Leave a Reply