| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Raih Juara 1 AITC 2019

SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso Raih Juara 1 AITC 2019

Ajang kompetisi inovasi pertanian bertajuk Agriculture Inovation Technology Challenge 2019 (AITC 2019) usai digelar. SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso berhasil menjadi juara pertama kompetisi yang digelar Polbangtan Malang dalam rangka Dies Natalis ke-1.

SMK PP Tegalampel berhasil menjadi yang terbaik dengan mengusung inovasi yang dinamai “Rancang Bangun Bioreaktor dengan Mikrokontroler untuk Memacu Pertumbuhan Eksplan Kultur Jaringan.”

Diwakili oleh dua siswanya, Ahmad Rosi dan Rudi Hamzah, SMK PP Tegalampel sukses mengalahkan para peserta IATC 2019 dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Inovasi berupa perbanyakan benih dalam kultur jaringan ini dinilai efisien baik secara waktu maupun biaya. “Biasanya alatnya mahal, dan pekerjaannya butuh ketelitian khusus. Tapi alat ini efisien waktu dan biaya. Alat ini mempermudah kultur jaringan,” ujar Adi Purwanto, Guru SMK PP Negeri 1 Tegalampel kepada TIMES Indonesia, Selasa (8/10/2019).

Sementara Polbangtan Malang sebagai tuan rumah harus puas menjadi juara kedua dengan inovasi “Portable Sprinkler Head dari Limbah Ranting Bambu dan Barang Bekas sebagai Alternatif Irigasi Pertanian yang Bernilai Ekonomis Tinggi Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Sedangkan juara ketiga diraih Polbangtan Medan dengan karya berjudul “Permesta (Pertanian Rakyat Semesta) Pemanfaatan Media Tanam O-Elamayer sebagai Teknologi Pertanian Berkelanjutan Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Karya-karya generasi muda dalam ajang AITC 2019 mendapat apresiasi dari dewan juri. Agus Suhadi, salah satu juri mengatakan, karya para peserta kompetisi cukup inovatif. Artinya, menurutnya, memanfaatkan limbah atau barang bekas. Selain itu, teknologi yang dibuat atau dikembangkan tidak rumit.

“Kalau membuat teknologi jangan terlalu rumit, bisa diterapkan petani dengan mudah,” ujar pria yang bekerja di Dinas Pertanian Kabupaten Jombang itu.

Dia mendorong karya-karya yang dilombakan dapat terus dikembangkan, tentunya juga terus melahirkan inovasi. Dia juga berharap, inovasi yang dihasilkan berbasis pada potensi yang ada di wilayah masing-masing.

Lomba AITC 2019 diikuti sejumlah perguruan tinggi dan SMK pertanian di Indonesia, seperti Universitas Brawijaya Malang, Universitas Jember, SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso, dan Polbangtan se-Indonesia.(*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/232348/20191008/161440/smk-pp-negeri-1-tegalampel-bondowoso-raih-juara-1-aitc-2019/

Leave a Reply