| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Sukseskan KSTM, Santri Ponpes Damanhuri Romly Antusias Budidaya Ayam Joper

Sukseskan KSTM, Santri Ponpes Damanhuri Romly Antusias Budidaya Ayam Joper

Salah satu program Kementerian Pertanian (Kementan) yang sedang gencar dilakukan adalah penumbuhan Kelompok Santri Tani Millenial (KSTM). Tidak berbeda dengan beberapa KSTM yang ada di wilayah lain, KSTM ponpes Damanhuri Romly di Pajarakan, Kabupaten Probolinggo juga sangat antusias untuk menyukseskan program ini.

Melalui bantuan bibit, pakan, obat-obatan, dan desinfektan yang diberikan kepada KSTM tersebut, didampingi oleh mahasiswa PKL Polbangtan Malang, anggota kelompok santri tani ini bersemangat dalam budidaya ayam joper.

Dalam pemeliharaannya, KSTM Damanhuri Romly melakukan kegiatan rutin sesuai dengan petunjuk teknis yang telah diberikan mulai dari membersihkan kandang dan lingkungan sekitarnya, membersihkan tempat pakan dan minum, hingga memberikan pakan dan minum.

Untuk pemberian pakan, mereka tidak hanya memberi pakan yang berasal dari bantuan saja. KSTM ini memanfaatkan bahan pakan lokal yang tersedia di sekitar lokasi untuk menunjang produksi dan produktifitas ayamnya.

“Saya tidak hanya memberi pakan pabrikan yang berasal dari bantuan saja, disini kalau ada yang menyembelih kambing darahnya saya minta lalu saya kukus dan saya cacah kemudian saya campur dengan jagung dan pakan dari bantuan pemerintah tersebut,” ujar Sulhan, anggota KSTM Damanhury Romly, beberapa waktu lalu.

Sebagai pemula, KSTM Damanhury Romly terbilang sukses. Pasalnya, pada umur 7 minggu ayamnya sudah mencapai bobot badan 800 -1.000 gram.

Untuk pemasarannya, kata Sulhan, saat sudah memasuki masa panen mereka tidak lagi kebingungan dalam mencari pembeli, karena ketika ayam umur 5 minggu, pemilik salah satu depot di Probolinggo sudah melirik ayam milik mereka.

Namun, lanjutnya, KSTM Ponpes Damanhuri Romly tidak akan menjual semua ayam joper ketika panen. Mereka hanya menjual ayam yang jantan dan menyisakan beberapa untuk digunakan sebagai pejantan pemacek. “Rencana ke depannya ingin beralih ke usaha budidaya ayam petelur,” imbuhnya. (*)


Sumber :

https://m.timesindonesia.co.id/read/223170/20190801/080837/sukseskan-kstm-santri-ponpes-damanhuri-romly-antusias-budidaya-ayam-joper/

Leave a Reply