| Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |   | Selamat Datang di Zona Integritas Polbangtan Malang |

Sukseskan Program YESS, Polbangtan Malang Tingkatkan Kapasitas BDSP

Sukseskan Program YESS, Polbangtan Malang Tingkatkan Kapasitas BDSP

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) melakukan peningkatan kapasitas Business Development Service Providers (BDSP) dalam mendukung suksesnya Program YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services).

BDSP merupakan penyedia layanan pengembangan bisnis yang terdiri atas BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), BLK (Balai Latihan Kerja), PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu), dan lembaga pelatihan lainnya.

Peningkatan kapasitas BDSP tersebut dikemas dalam bentuk Start-up Workshop paket pelatihan BDSP yang diselenggarakan pada 14 April hingga 16 April 2021 di Hotel Amaris, Madiun, Jawa Timur.

Lokakarya diikuti oleh 60 BDSP dari sejumlah daerah di antaranya Kabupaten Malang, Pasuruan, Tulungagung, dan Pacitan. Kegiatan tersebut untuk mendiskusikan hasil uji tuntas penilaian BDSP kemudian menetapkan dan mengesahkan kebutuhan BDSP.

Direktur Polbangtan Malang, Dr. Setya Budhi Udrayana menjelaskan bahwa sejumlah BDSP yang diundang adalah mereka yang lolos uji tuntas oleh para Master Trainer Program YESS.

“Hasil uji tuntas tersebut menjadi bahan bagi para master trainer untuk mengembangkan BDSP dalam melayani para peserta Program YESS dalam mengembangkan usahanya,” ujar pria yang akrab disapa Uud itu.

Dia melanjutkan, Program YESS dirancang untuk membangun kewirausahaan dan ketenagakerjaan muda di sektor pertanian dengan melibatkan dan meningkatkan peran para pemuda di perdesaan.

Program YESS, lanjut dia, merupakan proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian yang didanai oleh IFAD, dan diharapkan akan menjadi model untuk pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian di negara-negara anggota IFAD.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menurut SYL, lewat Program YESS Kementerian Pertanian (Kementan RI) mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian dan menjadi petani.

Mentan SYL meyakini usaha pertanian sangat menjanjikan karena memiliki pasar yang pasti dan menjadi basis ekonomi nasional.

Program YESS juga diyakini sebagai upaya untuk menghasilkan wirausahawan milenial yang berkualitas di sektor pertanian.

“Karena dengan adanya mereka, ekonomi di sektor pertanian bisa bergerak dan menggeliat,” ujar Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

Melalui Program YESS, Dedi berharap akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi sumber daya manusia dari perdesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian. “Sehingga pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran serta terjadinya urbanisasi,” ujarnya. (*)


Sumber :

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/341437/sukseskan-program-yess-polbangtan-malang-tingkatkan-kapasitas-bdsp#.YHe66CUGAIk.whatsapp

Leave a Reply